Perbedaan penerapan metode mind mapping dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Singosari / Ulfa Devayuni Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan metode mind mapping dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Singosari / Ulfa Devayuni Utami

Utami, Ulfa Devayuni (2016) Perbedaan penerapan metode mind mapping dengan metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Singosari / Ulfa Devayuni Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Ulfa Devayuni. 2015.PerbedaanPenerapanMetodeMind MappingdenganMetodeCeramahTerhadapPeningkatanHasilBelajarSiswaKelas X Pada Mata PelajaranElektronikaDasar di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HarySuswanto S.T. M.T. (II) Drs. Suwasono M.T. Kata kunci Mind Mapping Ceramah Hasil Belajar Elektronika Dasar. SekolahMenengahKejuruan (SMK) adalahsalahsatujenjangpendidikanmenengah yang bertujuan mempersiapkanlulusannyauntuksiapbekerjadanmampumenghasilkanSumberDayaManusiayang terampildanberkualitas. Hal tersebut tentunya merupakan tugas dari seorang guru. Berdasarkan Hasilobservasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang padasiswakelas X menyatakan bahwaguru masihmenggunakanmetodepembelajaranyang berpusat pada guru(ceramah) tingkat pemahamansiswa terhadap materimasihkurang dan siswa belum bisa memahami konsep materi yang sedang dipelajari. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) signifikansiperbedaanhasilbelajarranah sikap antara kelas eksperimen dan kontrol (2) signifikansi perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara kelas eksperimen dan kontrol (3) signifikansiperbedaanhasilbelajarranah keterampilan antara kelas eksperimen dan kontrol (4) signifikansi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping dan (5) signifikansi peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Jenis Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianquasi experimentaldengandesainnonequivalent control group design. Desainpenelitianinimenggunakanduakelasyaitu kelas X TEI 2sebagaikelaseksperimen yang diterapkanperlakuanmetodepembelajaranmind mapping dankelas X TEI 1sebagaikelaskontrolyang diterapkan perlakuan metode pembelajaran ceramah. Analisis data yang digunakanuntukmengujihipotesisadalahuji-t dengan prasyarat uji normalits dan uji homogenitas. HasilPenelitianmenunjukkanperbedaanhasilbelajarsecarasignifikan yang dibuktikandengan (1) nilai rata-rata ranah sikap kelaskontrolsebesar75 83dankelaseksperimensebesar92 50 (2) nilai rata-rata ranah pengetahuan kelaskontrolsebesar95 86dankelaseksperimensebesar97 40 (3) nilai rata-rata ranah keterampilan kelaskontrolsebesar77 50dankelaseksperimensebesar95 83 (4) adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping dan (5) adanya peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini terjadi karena pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran mind mapping. Sehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodepembelajaranmind mapping sangatefisienuntukditerapkanpadamatapelajaran ElektronikaIndustri di kelas X SMK Negeri 2 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47745

Actions (login required)

View Item View Item