Penerapan model Cooperative Learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran listrik siswa SMK PGRI 3 Malang / Taufik Hardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Cooperative Learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran listrik siswa SMK PGRI 3 Malang / Taufik Hardiansyah

Hardiansyah, Taufik (2016) Penerapan model Cooperative Learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran listrik siswa SMK PGRI 3 Malang / Taufik Hardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardiansyah Taufik. 2016. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Listrik pada Siswa SMK PGRI 3 Malang. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. PugerHonggowiyono M.T. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Cooperative Learning STAD HasilBelajar Pengukuran Listrik Berdasarkan observasipadapeserta didik kelas X SMK PGRI 3 Malang diperolehbahwa indikator rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh (1) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru diantaranya ceramah tanya jawab dan penugasan (2) dalam kisaran waktu 135 menit guru menggunakan 100 menit untuk menjelaskan materi menggunakan metode ceramah tanpa media pembelajaran dan sisanya 35 menit digunakan untuk tanya jawab dan latihan soal di lembar kerja siswa (3) terdapat enam peserta didik yang bosan dan akhirnya gaduh serta tidak menghiraukan penjelasan guru. Selain itu ada seorang siswa yang sering menggambar ketika pembelajaran berlangsung (4) sarana dan prasarana pendukung tidak bekerja dengan baik seperti penempatan proyektor yang kurang nyaman untuk dilihat oleh seluruh peserta didik dan ruang kelas yang panas. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenyelesaikanbeberapamasalahpada guru danpesertadidik. PenelitimemilihuntukmelaksanakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) danmenerapkan modelCooperative Learningtipe STAD denganScientific Approachuntukmembantumeningkatkanhasilbelajarpesertadidik yang belum optimalakibatmetodepembelajaran yang kurangtepat. Penelitimenggunakanmodel penelitian berbentuk siklus (cycle). Model siklus yang digunakan berbentuk spiral model penelitian ini dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Langkah - langkah dalam model penelitian spiral meliputi planning (perencanaan) action (tindakan) observer (pengamatan) dan reflecting (refleksi). Penerapan modelCooperative Learningtipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PBA SMK PGRI 3 Malangpadamatapelajaranpengukuranlistrik. Hal ini ditunjukkan olehpeningkatanhasil belajarsiswa yang bermasalahdarisiklus I II dan III.Pada siklus I AchmadIsma ildan Aziz RahmawanDwi Putra berhasilmeraihnilaidiatasstandarketuntasan minimum (SKM). Persentasekeseluruhan ranah pengetahuanpadasiklus I adalah 78 85% ranah sikap mencapai 80 77% dan ranah keterampilan mencapai 84 62%. Pada siklus II Daniel Reynaldi Hariono Al-qodim Abi Asa danDhikaLesmanaberhasilmeraihnilaidiatas SKM.Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus II pada ranah pengetahuan adalah 88 46% ranah sikap mencapai 92 31% serta ranah keterampilan mencapai 92 31%. Pada siklus III Andika Ahmad ArdiantodanAndhikaDwiPrasetya Putra berhasilmeraihnilaidiatas SKM.Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus III pada ranah pengetahuan adalah 96% ranah sikap 96% dan ranah keterampilan mencapai 96%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47743

Actions (login required)

View Item View Item