Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK PGRI 3 Malang / Zainul Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK PGRI 3 Malang / Zainul Fanani

Fanani, Zainul (2016) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK PGRI 3 Malang / Zainul Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fanani Zainul. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto M.T (II) Drs. Suwasono M.T. Kata kunci Learning Together (LT) Hasil Belajar Teknik Listrik Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang saat pembelajaran teknik listrik adalah sebagai berikut (1) guru masih menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru (2) hasil belajar kurang memuaskan dengan perolehan nilai yang masih kurang dari KKM. Kesulitan yang dihadapi oleh guru pada saat pembelajaran adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan karena salah satu penyebabnya adalah siswa kelas X berangkat dari latar belakang sekolah yang berbeda-beda kemudian metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang menyebabkan siswa cepat bosan dan kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan materi pelajaran yang seharusnya dikuasai siswa tidak dapat dipahami dengan baik. Untuk itu agar dapat mencapa tujuan pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik perlu diadakan perbaikan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Eksperimental Design dengan pola nonequivalent control group design sampel yang digunakan adalah dua kelas di SMK PGRI 3 Malang yaitu kelas X TAV sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together dan X TEI sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran berpusat pada guru. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe learning together dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Analisis data yang digunakan meliputi uji coba instrumen data kemampuan awal data kemampuan akhir siswa. Analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian dilihat dari uji-t menunjukkan perbedaan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan siswa kelas kontrol dengan perlakuan metode pembelajaran berpusat pada guru. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan perbedaan hasil belajar secara signifikan yang dibuktikan dengan nilai rata-rata akhir pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61 586 untuk kelas kontrol dan 77 9347 untuk kelas eksperimen. Selain dari nilai nilai rata-rata juga dibuktikan oleh nilai signifikansi korelasi pada kelas eksperimen diatas 0 05 yaitu 0 543 dan nilai signifikansi dari t hitung yang dibawah 0 025 yaitu 0 000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe learning together sangat efisien dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran Teknik Listrik di kelas X SMK PGRI 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47742

Actions (login required)

View Item View Item