Pengembangan bahan ajar PLC berbasis proyek untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Eliyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar PLC berbasis proyek untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Eliyawati

Eliyawati (2016) Pengembangan bahan ajar PLC berbasis proyek untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri / Eliyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eliyawati. 2015. Pengembangan Bahan Ajar PLC BerbasisProyekuntukSiswa SMK Program KeahlianTeknikElektronikaIndustri. Skripsi.JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. SlametWibawanto M.T. (II) A. N.Afandi S.T. M.T. Ph.D. Kata Kunci bahan ajar pembelajaranberbasisproyek Programmable Logic Controller TeknikElektronikaIndustriadalahsalahsatu program keahliandalambidangteknologidanrekayasayang mempelajaritentangteknologielektronika yang berkaitandenganberbagaikontrol proses berbantuanProgrammable Logic Controller(PLC). Berdasarkanhasilobservasi diketahuibahwabelumtersediabahan ajar yang relevandengankebutuhansiswauntukmenunjangpencapaiankompetensipadastandarkompetensimemprogramperalatansistempengendalielektronik yang berkaitandenganI/OberbantuanPLCdankomputer.Berdasarkanhaltersebut makadikembangkanbahan ajar Pemrograman PLC MenggunakanKomputeruntukKelas XII TeknikElektronikaIndustri Semester 5-6 . Bahan ajar disusunberdasarkanpembalajaranberbasisproyeksesuaidengantuntutankurikulum khususnya KTSP.Dalampembelajaranberbasisproyek siswaditantanguntukmengembangkankreativitasdalammengerjakanproyek.Artinya siswaditantanguntukmerencanakan membuat danmengembangkanproyeknyasesuaidengankemampuansiswa.Hal inidimaksudkanagar siswadapatmengembangkandiridanbelajarkreatifmelaluiproyek-proyektersebut sehinggasiswabenar-benarmendapatkanpembelajaranyang bermakna. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmerancangdanmembuatbahan ajar yang layakdanefektif danmengujikelayakandanefektivitasbahan ajar.Ujikelayakandilakukandenganevaluasiformatif sedangkanujiefektivitasdilakukandenganevaluasisumatif.Bahanajar dikembangkandenganmenggunakanmodel pengembanganDick and Careydanmenerapkanprinsip multimedia pembelajaran.Instrumendikembangkanberdasarkankriteriapenilaianbahan ajar dariBadanStandarNasionalPendidikan. Berdasarkanhasilimplementasi bahanajar yang dikembangkandinyatakansangatlayakdanefektifdigunakandalam proses pembelajaran. Hal itudibuktikandenganpersentasehasilujicobaperoranganolehparaahlisebesar 92% ujicobaskalakecil89% danujicobalapangan 88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47740

Actions (login required)

View Item View Item