Nudin, Hasan (2016) Pengembangan bahan ajar PLC berbasis mikrokontroler pada mata pelajaran PLC Jurusan Elektronika Industri di SMaKN-1 Bangil / Hasan Nudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nudin Hasan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar PLC berbasis mikrokontroler pada Mata Pelajaran PLC Jurusan Elektronika Industri di SMKN-1 Bangil. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Sujono M.T. (2) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. Kata Kunci SMK Negeri 1 Bangil pengembangan LDmikro Trainer PLC mikrokontroler. PLC merupakan suatu alat yang digunakan untuk membantu proses produksi sebagai pengontrol kerja alat-alat produksi sehingga untuk dapat memanfaatkan PLC dan mengerti tentang bagaimana cara menggunakan alat tersebut dapat diperoleh dari mata pelajaran PLC yang ada di SMK. Namun pada kenyataannya pada SMK Negeri PLC merupakan suatu alat yang sedikit pengadaannya dibandingkan dengan jumlah peserta didik dalam suatu kelas sehingga pemahaman tentang cara membuat Ladder diagram masih rendah. Hal ini dikarenakan harga PLC yang mahal maka untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya alternatif salah satunya yaitu dengan mengggunakan mikrokontroler sebagai pengganti PLC yang mahal karena harga IC mikrokontroler jauh lebih murah mudah didapat di pasaran dan jumlah input output lebih banyak dibandingkan PLC. Pembuatan diagram Ladder mengunakan software LDmikro yang hampir sama penggunaannya dengan software CX-Programmer. Sehingga dibutuhkan Trainer PLC. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk merancang trainer dan modul PLC berbasis mikrokontroler dan (2) Mengetahui kelayakan pengembangan trainer dan modul PLC berbasis mikrokontroler di Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Bangil. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4-D dari Thiagarajan dan kawan-kawan. Langkah-langkahnya adalah (1) Define atau pendifinisian (2) Design atau perancangan (3)Develop atau pengembangan dan (4) Desseminate atau penyebaran. Pengambilan data validasi yang digunakan pada pengembangan ini yaitu dengan kuesioner yang terdiri dari tiga kelompok responden yaitu untuk ahli media ahli materi dan pengguna atau siswa. Hasil uji coba produk yang berupa trainer dan modul dilakukan pada 3 kelompok responden diperoleh hasil total sebagai berikut (1) ahli media menyatakan produk ini valid dengan persentase trainer 91 67% dan untuk modul mendapatkan persentase 95 83% (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak dengan persentase trainer 95 31% dan presentase modul 92 5% dan (3) Siswa Elektronika Industri kelas XII menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 84 85%. Berdasarkan data tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |