Pengaruh model pembelajaran Problem based Learning (PBL) dilengkapi dengan alat bantu pembelajaran terhadap hasil belajar Programmable Logic Controller (PCL) pada siswa kelas XI Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang / Inneke Putri Aprillia Dita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem based Learning (PBL) dilengkapi dengan alat bantu pembelajaran terhadap hasil belajar Programmable Logic Controller (PCL) pada siswa kelas XI Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang / Inneke Putri Aprillia Dita Sari

Sari, Inneke Putri Aprillia Dita (2016) Pengaruh model pembelajaran Problem based Learning (PBL) dilengkapi dengan alat bantu pembelajaran terhadap hasil belajar Programmable Logic Controller (PCL) pada siswa kelas XI Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang / Inneke Putri Aprillia Dita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Inneke Putri Aprillia Dita. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi dengan Variasi Alat Bantu Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PLC pada Siswa Kelas XI Jurusan Mekatronika di SMK Negeri 8 Malang. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) variasi alat bantu pembelajaran PLC hasil belajar Dari hasil obervasi serta wawancara dengan guru mata pelajaran PLC pada tanggal 14 Oktober 2015 bapak Bagus Prasetyo menjelaskan bahwa rata-rata hasil belajar PLC dari siswa kelas XI Mekatronika masih kurang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan rata-rata hasil belajar PLC siswa XI jurusan mekatronika di SMK Negeri 8 Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang akan di variasikan dengan alat bantu pembelajaran. sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validasi berupa soal tes terlebih dahulu dengan menggunakan soal pilihan ganda. Untuk soal pilihan ganda dilakukan uji coba pada kelas XII Mekatronika di SMK Negeri 8 Malang. Setelah soal tes siap dan layak kemudian digunakan untuk melakukan penelitian pada kelas XI Mekatronika di SMK Negeri 8 Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara ketiga variasi alat bantu pembelajaran yang digunakan pada kelas XI mekatronika A XI mekatronika B dan XI mekatronika C menunjukkan hasil yang berbeda dalam rata-rata hasil belajar PLC. Setelah dilakukan penelitian ada perbedaan rata-rata hasil belajar PLC secara signifikan yaitu diantara kelas XI mekatronika A yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan alat bantu pembelajaran simulasi dan trainer dengan kelas XI mekatronika B yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan alat bantu pembelajaran modul dan trainer. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap rata-rata hasil belajar PLC pada ketiga kelas tersebut dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan variasi alat bantu pembelajaran. Dari ketiga kelas eksperimen yaitu kelas XI Mekatronika A XI Mekatronika B dan XI Mekatronika C memiliki perbedaan rata-rata hasil belajar PLC yang dimana mempunyai perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan adalah kelas XI mekatronika A dengan Kelas XI mekatronika C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47736

Actions (login required)

View Item View Item