Pengembangan trainer inverter dengan pengatur frekuensi pada nata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ashari Anhar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer inverter dengan pengatur frekuensi pada nata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ashari Anhar

Anhar, Ashari (2015) Pengembangan trainer inverter dengan pengatur frekuensi pada nata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Ashari Anhar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ashari Anhar. 2015. Pengembangan Trainer Inverter pengatur frekuensi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya pada Mata Kuliah Pembangkit Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuni Rahmawati S.T. M.T.(II) M.Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Inverter Pengatur Frekuensi switching mosfet Pada pembelajaran mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang tahun 2014 terdapat deskripsi kompetensi yaitu menelaah prosedur operasi pembangkit dan penjadwalan daya pengaturan daya pengaturan capacitive power pengaturan tegangan dan pengaturan frekuensi.Dari hasil wawancara dengan M. Rodhi Faiz selaku dosen mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik diperoleh informasi belum ada trainer yang memfasilitasi tentang deskripsi kompetensi tentang pengaturan frekuensi pada inverter. Model pengembangan inverter pengatur frekuensi ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi ahli media dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Validasi menggunakanangket skala Likert yang kemudian dianalisis. Analisis digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Produk yang dihasilkan berupa Trainer handout dan jobsheet. Tahap pertama dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media dilanjutkan dengan mengujicobakan trainer dalam pembelajaran. Sampel sasaran ujicoba adalah mahasiswa angkatan 2011 dan 2012. Persentase hasil validasi ahli materi 87% ahli media 89 2%. Dan hasil validasi dan uji coba pada kelompok kecil 84 40% dan kelompok besar 89 2%. Dari hasil validasi dan ujicoba dapat disimpulkan produk yang dihasilkan memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan menunjukkan produk dapat diimplementasikan dalam pelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47733

Actions (login required)

View Item View Item