Rizza, Mohammad (2015) Pengaruh kemandirian belajar dan penerapan variasi metode pembelajaran terhadap hasil belajar kompetensi menggambar rencana instalasi penerangan pada siswa kelas X Jurusan Pembangkit Tenaga Listrik SMK PGRI 3 Malang / Mohammad Rizza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii Abstrak Rizza Mohammad. 2015. PengaruhKemandirianBelajar Dan PenerapanVariasiMetodePembelajaranTerhadapHasilBelajarKompetensi MenggambarRencanaInstalasiPeneranganSiswaKelas X JurusanPembangkitTenagaListrikSMKPGRI 3 Malang.Skripsi. Program StudiPendidikanTeknikElektro JurusanTeknikElektro UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Setiadi C.P. M.T. M.Pd (2) Drs.PugerHonggowiyono M.T.. Kata Kunci KemandirianBelajar variasimetodepembelajaran contextual teaching and learning direct instruction hasilbelajarMenggambarRencanaInstalasiPenerangan PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiHasilBelajarkompetensiMenggamb arRencanaInstalasiPenerangandariempatkelompokpelakueksperimen mengujisignifikansiperbedaanempatkelompokpelakueksperimen mengungkapinteraksiantarafaktorkemandirianbelajarsiswadanpenggunaanvariasi metodepembelajaranterhadaphasilbelajarMenggambarRencanaInstalasiPeneranga n danmengetahuisignifikansikelompok yang paling berbedadiantaraempatkelompokpelakueksperimen. Rancanganpenelitianeksperimenmenggunakandesainfaktorial 2 x 2. Ujihipotesisdilakukandenganuji ANOVA duajaluruntukmengetahuisignifikansiperbedaanhasilbelajarberdasarkantingkatkem andirianbelajarsiswadanvariasimetodepembelajaran danmengetahuisignifikansiinteraksiantarakemandirianbelajarsiswadanvariasimeto depembelajaran danujiPost-Hoc Comparisonuntukmengetahuiperbedaan 1 2 1 2 dan hasil belajar yang paling berbeda diantara keempat kelompok. Ujihipotesismenggunakansoftware SPSS 20 di mana ANOVA duajalurdanPostHoc Comparisonpadatarafsignifikansi 0 05 yaitu dikatakan berbeda jika probabilitas kurang dari 0 05. HasilpenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarMenggambarRencanaInst alasiPenerangansiswa di SMK PGRI 3 Malang tertinggipadakelas B1 danterendahpadakelas A2. Terdapatperbedaanhasilbelajarantarakelompoksiswadengankemandiriantinggidanr endah. Hal inidapatdilihatprobabilitas0.002. Terdapatperbedaanhasilbelajarsiswa yang mengikutipembelajarandenganContextual Teaching and Learning danDirect Instruction. Hal inidapatdilihatprobabilitas0.003. Tidakadainteraksiantaratingkatkemandirianbelajarsiswadanpenggunaanvariasimet odepembelajaranterhadaphasilbelajarMenggambarRencanaInstalasiPenerangan. Hal inidapatdilihatdariprobabilitas 0 148. Tidakadaperbedaan yang signifikan pada kelas A1 dan B1. Hal inidapatdilihatdariprobabilitas 0 656. Padakelas A2 dan B2 terdapatperbedaanhasilbelajarMenggambarRencanaInstalasiPenerangan. Hal inidapatdilihatdariprobabilitas 0 011. Disarankankepadapenelitiselanjutnya agar melakukanpenelitianmengenaifaktor-faktor yang iii mempengaruhihasilbelajarsiswaselainfaktorkemandirianbelajarsiswadanmetodepe mbelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 16 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47732 |
Actions (login required)
View Item |