Uji beda hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dengan model pembelajaran kooperatif tipe number head together pada mata pelajaran hukum Kirchoff siswa kelas X Listrik di SMK Negeri 6 Malang / Desman Priaga - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji beda hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dengan model pembelajaran kooperatif tipe number head together pada mata pelajaran hukum Kirchoff siswa kelas X Listrik di SMK Negeri 6 Malang / Desman Priaga

Priaga, Desman (2015) Uji beda hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dengan model pembelajaran kooperatif tipe number head together pada mata pelajaran hukum Kirchoff siswa kelas X Listrik di SMK Negeri 6 Malang / Desman Priaga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priaga Desman. 2015. Uji Beda Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Mata Pelajaran Hukum Kirchoff Kelas X Listrik di Smk Negeri 6 Malang . Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Fx Budi Raharhom MP.d.. (2) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar Example Non Example Number Head Together Penelitian ini menguji tentang perbedaan hasil belajar antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together .Objek Penelitian Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Kelas X (Sepuluh) pada Program Sitem Ketenaga Listrikan di SMK Negeri 6 Malang. Penggunaan Metode Pembelejaraan Example Non Example menggunakan media gambar dalam penyampain materi pembelajaran yang mendorong siswa berfikir kritis dengan jalan memecahkan masalah yang terkandung dalam contoh contoh gambar secara berkelompok (Setyawan 2011) sedangkan penggunaan Metode Pembelajaran Number Head Together yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik dengan cara berkelompok sehingga terjadi suasana yang menyenangkan dan efektif terhadap pembelajaran (Ibrahim 2000 28) Rancangan penelitian ini adalah true experimental dengan menggunakan desain posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 6 Malang tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan sampel dari penelitian ini yaitu kelas XL1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan mentode pembelajaraan Example Non Example dan XL2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan mentode pembelajaraan Number Head Together. Data yang diambil berupa nilai kemampuan awal (pretest) hasil belajar yang terdiri dari ranah kognitif. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogrnitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows melalui Independent Samples t-Tes dengan kriteria Jika nilai Sig. 0 05 maka H0 diterima Jika nilai Sig. 0 05 maka H0 ditolak Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. sebesar 0 010 yang lebih kecil dari 0 05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antar kelompok. Maka kesimpulannya H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan Metode Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan Metode Pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada Mata Pelajaran Hukum Kirchoff pada Siswa Kelas X Listrik SMK Negeri 6 Malang .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47731

Actions (login required)

View Item View Item