Perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dan project based learning berbantuan media e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas X TEI SMK Negeri 2 Singosari / Nur Khalim Bachtiar Rifai - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dan project based learning berbantuan media e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas X TEI SMK Negeri 2 Singosari / Nur Khalim Bachtiar Rifai

Rifai, Nur Khalim Bachtiar (2015) Perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dan project based learning berbantuan media e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran teknik elektronika dasar kelas X TEI SMK Negeri 2 Singosari / Nur Khalim Bachtiar Rifai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rifai Nur K.B. Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation dan Project Based Learning Berbantuan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Matapelajaran Elektronika Dasar Kelas X TEI SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T. (2) M. Rodhi Faiz S.T. M.T.. Kata Kunci Hasil Belajar Group Investigation (GI) Project Based Learning (PjBL) Schoology. PjBL merupakan model yang diorientasikan untuk mengembangkan keterampilan siswa dengan menghasilkan produk sebagai penguatan materi. GI adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Schoology merupakan salah satu media e-learning yang dapat digunakan sebagai jelan keluar dari proses belajar yang hanya dapat dilakukan di kelas saja. Diharapkan pada penelitian ini model PJBL yang ditambah dengan penggunaan schoology menghasilkan nilai lebih tinggi dibandingkan menggunakan model GI. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dalam ranah sikap dengan menerapkan model pembelajaran GI dan PjBL menggunakan media e-learning berbasis schoology (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dalam ranah sikap dengan menerapkan model pembelajaran GI dan PjBL menggunakan media e-learning berbasis schoology dan (3) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dalam ranah sikap dengan menerapkan model pembelajaran GI dan PjBL menggunakan media e-learning berbasis schoology. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen quasi experimental design dengan pola posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X EI 1 dan X EI 2 di SMK Negeri 2 Singosari tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 68 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X EI 1 menggunakan model GI dan X EI 2 sebagai kelas yang menggunakan model PjBL. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat hasil belajar ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji-t dua pihak dengan bantuan SPSS. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig 0 05 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan yang menerapkan model pembelajaran GI dan PjBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47727

Actions (login required)

View Item View Item