Pengembangan trainer generator sinkron 1 fasa dilengkapi kendali frekuensi berbasis labview untuk praktikum mesin-mesin listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Yonas Septiyan Putra

Putra, Yonas Septiyan (2015) Pengembangan trainer generator sinkron 1 fasa dilengkapi kendali frekuensi berbasis labview untuk praktikum mesin-mesin listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Yonas Septiyan Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiyan,Yonas Putra. 2015. Pengembangan Trainer Generator sinkron 1 fasa dilengkapi kendali frekuensi berbasis LabVIEW untuk Praktikum Mesin-Mesin Listrik di Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) M. Rodhi Faiz, S.T.,M.T.,(2) Drs. Hari Putranto Kata kunci:Pengembangan, Trainer Generator Berbasis LabVIEW,frekuensi, Handout dan Jobsheet. Dalam pembelajaran Mesin-Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, pengendalian frekuensi generator menjadi materi penting dalam proses pembelajaran. Materi tersebutdisajikan pada Mata kuliah Teori danMata kuliah Praktikum untuk pengujian generator beban nol dan berbeban. Pengendalian frekuensi yang dibutuhkan (50 Hz), merupakan awal dari keberlangsungan praktikum selanjutnya. Kemudian masalah yang sering terjadi adalah pada pengukuran. Sering kali data yang di ambil melalui alat ukur yang ada mengalami berbagai perubahan, kurang akuran, dan tidak stabil. Data pengukuran diambil satu-persatu. Pengukuran yang dilaksanakan dengan manual, menyebabkan waktu praktikum habis untuk melakukan pengukuran. NI USB 6008 dengan program LabVIEW dapat menjadi salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan yang ada. LabVIEW dapat mengendalikan frekuensi generator secara automatis. LabVIEW juga dapat melakukan multi-monitoring dalam pengambilan data. Data dari LabVIEW yang telah dimonitoring, dapat secara konstan disimpan secara automatis. Pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran berupa trainer Generator berbasis LabVIEW untuk Matakuliah Praktikum Mesin-Mesin Listrik serta bahan pembelajaran cetak berupa jobsheet dan handout.Model pengembangan trainer ini menggunakan model pengembangan ADDIE karena terdapat evaluasi disetiap tahapannya sehingga didapatkan produk yang efektif dan efisien. Model pengembangan trainer ini memiliki 5 tahap yaitu: (1) Analisis kebutuhan media pembelajaran Trainer Generator berbasis LabVIEW; (2) Desain media pembelajaran berupa Trainer Generator berbasis LabVIEW; (3) Pengembangan Trainer Generator berbasis LabVIEW; (4) Implementasi Trainer Generator berbasis LabVIEW; (5) Evaluasi di keempat tahap tersebut.Rancangan model pengembangan ini telah sesuai dengankebutuhan peneliti untuk melakukan pengembangan trainer. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subjek uji coba sebagai berikut: (1) persentase skor keseluruhan dari Ahli Media sebesar 96%, (2) persentase skor keseluruhan dari Ahli Materi sebesar 89%, dan (3) persentase skor keseluruhandari uji coba kelompok kecil sebesar 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer Generator berbasis LabVIEW sebagai media pembelajaran Praktikum Mesin-MesinListrik ini layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47725

Actions (login required)

View Item View Item