Penerapan model pembelajaran problem solving dalam mata pelajaran Programable Logic Controller (PLC) untuk meningkatkan motivasi dam hasil belajar siswa kelas XI Mekatronika SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Erza Diego Fahrurezha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving dalam mata pelajaran Programable Logic Controller (PLC) untuk meningkatkan motivasi dam hasil belajar siswa kelas XI Mekatronika SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Erza Diego Fahrurezha

Fahrurezha, Erza Diego (2015) Penerapan model pembelajaran problem solving dalam mata pelajaran Programable Logic Controller (PLC) untuk meningkatkan motivasi dam hasil belajar siswa kelas XI Mekatronika SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Erza Diego Fahrurezha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrurezha Erza Diego. 2015.Penerapan Model Pembelajaran Problem SolvingDalamMata Pelajaran Programable Logic Controller(PLC) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIMekatronika SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang.Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (2) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. Kata Kunci Problem Solving Motivasi Hasil belajar Programable Logic Controller Setelah peneliti mengikuti pembelajaran dalam kelas bersama guru SMKN 2 Singosari ditemukan keluhan guru dalam proses pembelajaran programable logic controller pada tanggal 22 September 2014 saat peneliti melaksanakan PPL. Keluhan yang terdapat pada proses pembelajaran sebelumnya yaitu (1)permasalahansiswasulituntukmemahamilogikadalampembelajaran PLC(2) motivasi dan hasil belajar siswa masih kurang(3) kebiasaansiswahanyaterpakupadajobsheetuntukmelakukanpraktikum (4)adakesenjanganantara yang pandaidan yang malas karenatiapkelompok yang mengerjakanhanyasatuataudua orang siswasaja. Untuk membenahi pembelajaran sebelumnya karena motivasi belajar siswa yang kurang peneliti merecanakan tindakan dengan memberikan video motivasi yang bisaditeladani siswa pada kegiatan awal pembelajaran. Kemudian untuk mengatasi sulitmemahamilogikadenganmenggunakansoftware zelio softuntukmempermudahlogika karenazelio softhanyamenggunakanlogika 1dan 0. Sedangakan kebiasaaan pembelajaran siswa dalam kelas yang mempunyaikesenjangan makapenelitimembagikelompokdengan yang pandaidanmalasdicampurkan.Peneliti membenahinya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving supaya pembelajaran diskusi yang berawaldaripermasalahanmembuatsiswalebihaktifbelajaruntukmemecahkanpermasalahan. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi (1) motivasi belajar siswa pada siklus I II III berturut-turut 72 5% 81 4% dan 85 9% (2) hasil belajar aspek sikap pada siklus I II III berturut-turut 82 6% 88 6% dan 94 2% (3) hasil belajar keterampilan praktikum siswa pada siklus I II III berturut-turut 77 6% 84 8% dan 91 4% (4) hasil belajar aspek pengetahuan siswa yang tuntas pada siklus I II III berturut-turut 56 6% 96 6% dan 100% Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran programmable logic controller kelas XI mekatronika di SMKN 2SingosariKab. Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47720

Actions (login required)

View Item View Item