Pengembangan trainer input dan output mikrokontroler AVR menggunakan bahasa C pada mata pelajaran Mikrokontroler untuk kompetensi keahlian teknik elektronika industri / Amrizal Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer input dan output mikrokontroler AVR menggunakan bahasa C pada mata pelajaran Mikrokontroler untuk kompetensi keahlian teknik elektronika industri / Amrizal Ali

Ali, Amrizal (2015) Pengembangan trainer input dan output mikrokontroler AVR menggunakan bahasa C pada mata pelajaran Mikrokontroler untuk kompetensi keahlian teknik elektronika industri / Amrizal Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ali Amrizal. 2015. Pengembangan Trainer Input dan Output Mikrokontroler AVR Menggunakan Bahasa C pada Mata Pelajaran Mikrokontroler untuk Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dyah Lestari S.T. M. Eng. Pembimbing II Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci trainer mikrokontroler AVR bahasa C Mikrokontroler merupakan salah satu standar kompetensi yang diajarkan pada siswa Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Blitar pembelajaran mikrokontroler dirasa masih kurang efektif karena siswa merasa kesulitan untuk memahami bahasa pemrograman yang digunakan dalam memprogram mikrokontroler yaitu Bahasa Pemrograman Assembly. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang menggunakan bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami oleh siswa yaitu Bahasa Pemrograman C. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengem-bangkan trainer input dan output mikrokontroler AVR menggunakan Bahasa C (2) mengembangkan modul praktikum mikrokontroler AVR menggunakan Bahasa C (3) mengembangkan buku petunjuk trainer mikrokontroler AVR sebagai petunjuk teknis tentang trainer (4) menguji kelayakan trainer modul praktikum dan buku petunjuk yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan antara lain analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subjek uji coba penelititan ini adalah ahli materi ahli media dan peserta didik. Pengambilan data uji coba menggu-nakan instrumen berjenis angket. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini antara lain trainer input dan output mikrokontroler AVR menggunakan Bahasa C modul praktikum mikrokontroler AVR menggunakan Bahasa C dan buku petunjuk trainer mikrokontroler AVR. Hasil uji coba kepada ahli materi diperoleh persentase sebesar 94 12%. Untuk ahli coba ahli media diperoleh persentase sebesar 95 39%. Kemudian produk diujicobakan kepada siswa kelas XI TEI di SMK Negeri 1 Blitar dan diperoleh rata-rata persentase sebesar 95 93%. Dari ketiga kelompok subjek uji coba diperoleh validasi gabungan sebesar 95 15%. Persentase ini termasuk pada kategori sangat valid dan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran. Untuk menggunakan produk disarankan membaca buku petunjuk terlebih dahulu dan sesuai dengan prosedur yang ada pada modul praktikum. Untuk diseminasi produk disarankan melakukan penelitian untuk mengetahui efektifitas produk terhadap hasil belajar siswa. Untuk pengembangan media pembelajaran lebih lanjut perlu ditingkatkan dengan menambahkan materi tentang piranti input atau output yang lain seperti LED matriks sensor motor dan aktuator. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47719

Actions (login required)

View Item View Item