Pengembangan trainer sensor pada mata pelajaran. Sensor dan Aktuator kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Bibin Budi Rudiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer sensor pada mata pelajaran. Sensor dan Aktuator kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Bibin Budi Rudiyanto

Rudiyanto, Bibin Budi (2015) Pengembangan trainer sensor pada mata pelajaran. Sensor dan Aktuator kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari / Bibin Budi Rudiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bibin Budi Rudiyanto. 2015. Pengembangan Trainer Sensor Pada Mata Pelajaran Sensor Dan AktuatorKelas XI JurusanTeknikElektronikaIndustriDi SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)Dr.Ir.H.SyaadPatmanthara M.Pd. (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Pengembangan Trainer Sensor Sensor dan Aktuator Jurusan Teknik Elektronika Industri. Sensor merupakansalahsatubahasanmateridarimatapelajaranSensor dan Aktuator yang diajarkanpadasiswaJurusan Teknik Elektronika Industri. Namunpadakenyataannyaberdasarkanhasilobservasidanwawancara yang telahdilakukan Di SMK Negeri 2 Singosari proses pembelajaranpraktikum Sensor danAktuatormasihsebatasmenggunakanproject boarddansimulasisehinggatidaksemuakompetensi yang tertulis di silabusterlaksanadenganbaikdansiswamerasakesulitandalammengoperasikansensor sepertimengetahuipolaritas fungsidanprinsipkerja sensor padasaatpraktikumSensor danAktuator karenatidakadanyatrainermaupunkelengkapanjobsheetpembelajaranpraktikumSensor danAktuator.Sehinggadalamsegiefektifitaswaktumasihkurangdanbelumterlaksanakeseluruhancakupanmateripraktikum Sensor danAktuator.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalah (1) untuk mengembangkantrainersensor (2) untuk mengembangkanhandout jobsheet manual book (3) untukuji cobaprodukpadamata pelajaranSensor dan Aktuator di JurusanTeknikElektronika Industri serta (3) mengujitingkatvaliditas media pembelajaranberupatrainer hand out jobsheetdanmanual book. Model pengembangan yang digunakanpadapenelitianpengembanganiniadalah model pengembanganADDIE yang telahdisesuaikandenganobjekpenelitian. Model pengembangan ini terdiri dari langkahyaitu (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Pengambilan data validasipadapengembanganiniyaitudenganangket. Angket yang digunakanterdiridaritigajenisberdasarkanresponden yaituuntukahli media ahlimateri dansiswa. Hasilujicobaproduk yang dilakukanpada 3 (tiga) kelompokrespondentersebutdiperolehhasilsebagaiberikut (1) ahlimateri dosenmenyatakanprodukini valid untuk diuji cobakandenganpersentase 95.59% (2) ahlimateriguru menyatakanprodukini valid untuk diuji cobakandenganpersentase 99.26% (3) ahli media menyatakan produk ini valid untuk diuji cobakan dengan persentase 88.02% dan (3) siswakelas XI Jurusan TEI 1 dan TEI 2 menyatakanprodukinilayakdigunakandenganpersentase 93 82% untukujicobakelompokkecildan 92 48% untukujicobakelompokbesar. Dengandemikian media pembelajaran yang dikembangkanini sudahmasuk dalam kategori sangat layakuntukdigunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sensor dan aktuator di SMK Negeri 2 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47718

Actions (login required)

View Item View Item