Utomo, Tri Setiyo (2015) Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan software circuit wizard untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar flip-pop siswa kelas X SMK PGRI Singosari / Tri Setiyo Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setyo Utomo Tri. 2015Penerapan Model PembelajaranPorjectBaseLearning Berbantu SoftwareCircuitWizard untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajarflip-flop Siswa Kelas X SMK PGRI. Program Studi S1Pendidikan TeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. H. Tri AtmadjiS. M.Pd (II) Drs. HariPutranto. Kata Kunci Model PembelajaranBerbasisProyek KeaktifanBelajar HasilBelajarMengujiMacam-MacamRangkaian Flip-Flop. Dari hasiltespratindakandiketahuibahwa 88 23% siswakelas X ElektronikaIndustri SMK PGRI Singosaribelumtuntasdalampembelajaranpada kompetensi dasar menguji macam-macam rangkaian flip-flop.Berdasarkanhasilwawancaradanobservasidiperoleh data mengenaipembelajaranyakni terpusatpada guru kurangmenarikperhatiansiswa siswabermainsendiri danketikadiberikanpertanyaanhanya 5 siswasaja yang beranimengungkapkanpendapat. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran flip-flop dan mendeskripsikan keaktifan rasa senang danpenguasaankonsepmateri ajar flip-flop. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitiantindakankelas (PTK) menggunakan Model pembelajaranProjek Based Learning dilaksanakansesuaidengan model PTK Kurt Lewin. Penelitiandiawalidenganorientasilapangan observasiawal danrefleksiawal. Tiapsiklusterdiridaritahapperencanaan pelaksanaan observasidanrefleksi. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenggunaan model pembelajaranberbasisproyekberbantu software circuit wizard danmendeskripsikanpeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswa. Penelitiandilakukan di kelas X SMK PGRI Singosari. Instrumen yang digunakanadalahsoaltes pedomanobservasi pedomanwawancara angket dankamerafoto. Hasilpenelitianmenunjukan (1) keterlaksanaanpembelajaranmenggunakan model pembelajaranberbasisproyekmeningkat padasiklus I 70 5 kesiklus II 94 11 sebesar 23 61 dansiklus II kesiklus III denganhasiltetapdengannilaipencapaianakhir 94 11 (2) keaktifansiswameningkatpadasiklus I 62 4 kesiklus II 89 9 sebesar 27.5 dansiklus II 89.9 kesiklus III 94 007 sebesar 4 1 (3) 100% siswamerasasenangbelajardengan model pembelajaranberbasisproyekberbantu software circuit wizard (4) Hasilbelajarsiswameningkatpadasiklus I 61 5 kesiklus II 81 8 denganpeningkatanketuntasan 20 3 dansiklus II 81 8 kesiklus III 92 3 denganpeningkatanketuntasan 11 5.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |