Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan software circuit wizard untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar flip-pop siswa kelas X SMK PGRI Singosari / Tri Setiyo Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan software circuit wizard untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar flip-pop siswa kelas X SMK PGRI Singosari / Tri Setiyo Utomo

Utomo, Tri Setiyo (2015) Penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan software circuit wizard untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar flip-pop siswa kelas X SMK PGRI Singosari / Tri Setiyo Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyo Utomo Tri. 2015Penerapan Model PembelajaranPorjectBaseLearning Berbantu SoftwareCircuitWizard untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajarflip-flop Siswa Kelas X SMK PGRI. Program Studi S1Pendidikan TeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. H. Tri AtmadjiS. M.Pd (II) Drs. HariPutranto. Kata Kunci Model PembelajaranBerbasisProyek KeaktifanBelajar HasilBelajarMengujiMacam-MacamRangkaian Flip-Flop. Dari hasiltespratindakandiketahuibahwa 88 23% siswakelas X ElektronikaIndustri SMK PGRI Singosaribelumtuntasdalampembelajaranpada kompetensi dasar menguji macam-macam rangkaian flip-flop.Berdasarkanhasilwawancaradanobservasidiperoleh data mengenaipembelajaranyakni terpusatpada guru kurangmenarikperhatiansiswa siswabermainsendiri danketikadiberikanpertanyaanhanya 5 siswasaja yang beranimengungkapkanpendapat. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran flip-flop dan mendeskripsikan keaktifan rasa senang danpenguasaankonsepmateri ajar flip-flop. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitiantindakankelas (PTK) menggunakan Model pembelajaranProjek Based Learning dilaksanakansesuaidengan model PTK Kurt Lewin. Penelitiandiawalidenganorientasilapangan observasiawal danrefleksiawal. Tiapsiklusterdiridaritahapperencanaan pelaksanaan observasidanrefleksi. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenggunaan model pembelajaranberbasisproyekberbantu software circuit wizard danmendeskripsikanpeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswa. Penelitiandilakukan di kelas X SMK PGRI Singosari. Instrumen yang digunakanadalahsoaltes pedomanobservasi pedomanwawancara angket dankamerafoto. Hasilpenelitianmenunjukan (1) keterlaksanaanpembelajaranmenggunakan model pembelajaranberbasisproyekmeningkat padasiklus I 70 5 kesiklus II 94 11 sebesar 23 61 dansiklus II kesiklus III denganhasiltetapdengannilaipencapaianakhir 94 11 (2) keaktifansiswameningkatpadasiklus I 62 4 kesiklus II 89 9 sebesar 27.5 dansiklus II 89.9 kesiklus III 94 007 sebesar 4 1 (3) 100% siswamerasasenangbelajardengan model pembelajaranberbasisproyekberbantu software circuit wizard (4) Hasilbelajarsiswameningkatpadasiklus I 61 5 kesiklus II 81 8 denganpeningkatanketuntasan 20 3 dansiklus II 81 8 kesiklus III 92 3 denganpeningkatanketuntasan 11 5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47714

Actions (login required)

View Item View Item