Pengaruh kemandirian belajar dan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan variasi media terhadap rata-rata hasil belajar PLC pada siswa kelas XII Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Adi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemandirian belajar dan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan variasi media terhadap rata-rata hasil belajar PLC pada siswa kelas XII Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Adi Pratama

Pratama, Adi (2015) Pengaruh kemandirian belajar dan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan variasi media terhadap rata-rata hasil belajar PLC pada siswa kelas XII Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Adi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Adi. 2014. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Penerapan Model PBL Dengan Variasi Media Terhadap Rata-rata Hasil Belajar PLC Pada Siswa Kelas XII Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C.P. M.Pd. M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Kemandirian Belajar PBL (Problem Based Learning) PLC Variasi Media Pembelajaran Rata-rata Hasil Belajar PLC. Dari hasil observasi serta wawancara dengan guru mata pelajaran PLC pada tanggal 15 Januari 2015 bapak Anjar Afif menjelaskan bahwa rata-rata hasil belajar PLC dari siswa EI masih kurang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh metode yang sesuai untuk meningkatkan rata-rata hasil belajar PLC siswa EI di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat kemandirian belajar PLC dan Metode dan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang akan divariasikan dengan penggunaan media pembelajaran. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji tingkat kemandirian terlebih dahulu dengan menggunakan angket kemandirian belajar. Untuk angket kemandirian belajar dilakukan uji coba pada kelas XI Mekatronika di SMK Negeri 2 Singosari. Setelah angket siap dan layak kemudian digunakan untuk melakukan penelitian pada kelas XII EI di SMK Negeri 2 Singosari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel yang digunakan menunjukkan hasil yang berbeda dalam rata-rata hasil belajar PLC. Setelah dilakukan penelitian pada empat kelompok eksperimen didapatkan hasil yang berbeda antara tiap kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi dengan menggunakan media pembelajaran simulasi memiliki rata-rata hasil belajar yang paling bagus diantara emapat kelompok sedangkan untuk kelompok eksperimen yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah dengan menggunakan media pembelajaran handout memiliki rata-rata hasil belajar PLC yang paling rendah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemilihan model pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat mempengaruhi rata-rata hasil belajar PLC. Dengan mengetahui hasil penelitian ini diharapkan bahwa sekolah dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan model serta media pembelajaran yang sesuai agar memperoleh hasil belajar sesuai target.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47712

Actions (login required)

View Item View Item