Ansori, Akhmad Insya (2015) Pengembangan bahan ajar perawatan dan perbaikan motor induksi untuk mahasiswa D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Akhmad Insya Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ansori Akhmad Insya. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Perawatan dan Perbaikan Motor Induksi untuk Mahasiswa D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) M. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan bahan ajar perawatan dan perbaikan motor induksi. Berdasarkan hasil data yang didapatkan melalui angket wawancara dosen dan mahasiswa mengenai pembelajaran pada matakuliah workshop perawatan dan perbaikan peralatan listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang masih kurangnya bahan ajar perawatan dan perbaikan mesin-mesin listrik terutama mengenai membelit ulang kumparan stator belum ada bahan ajar untuk mahasiswa dalam membelit ulang kumparan stator untuk itu diperlukan modul ajar perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa untuk menunjang perkuliahan dan memudahkan mahasiswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) merancang dan membuat sebuah bahan ajar perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa berupa modul ajar (2) membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa (3) mengetahui tingkat kelayakan dari bahan ajar sebagai alat penunjang dalam proses pembelajaran perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa. Model pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Borg Gall karena model pengembangan ini mencangkup keseluruhan hal berkaitan dengan pengembangan yang menghasilkan produk pendidikan. Disebutkan ada sepuluh langkah yang dilakukan dalam pengembangan. Dalam model pengembangan Borg Gall terdiri atas (1) research and information collecting (2) planning (3) develop preliminary form of product (4) preliminary field testing (5) main product revision (6) main field testing (7) operational product revision (8) operational field testing (9) final product revision dan (10) dissemination and implementation. Bahan ajar yang dihasilkan berupa modul ajar perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa dengan video pembelajaran sebagai pelengkap dan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk perkuliahan perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek uji coba sebagai berikut (1) ahli materi untuk modul ajar sebesar 88 54% dan RPP sebesar 84 78% (2) ahli media sebesar 84 72% (3) uji coba kelompok kecil sebesar 94 87% dan (4) uji coba kelompok besar sebesar 94 44%. Sehingga didapatkan produk bahan ajar yang layak digunakan untuk mahasiswa D3 Teknik Elektro di Jurusan Elektro Universitas Negeri Malang pada perkuliahan perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |