Upaya tutor dalam meningkatkan motivasi warga belajar kesetaraan paket A, B dan C (studi kasus di PKBM Ki Hadjar Dewantara, Kecamatan Sukun, Kota Malang) / Alintang Widhiwaca Sucrama - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya tutor dalam meningkatkan motivasi warga belajar kesetaraan paket A, B dan C (studi kasus di PKBM Ki Hadjar Dewantara, Kecamatan Sukun, Kota Malang) / Alintang Widhiwaca Sucrama

Sucrama, Alintang Widhiwaca (2010) Upaya tutor dalam meningkatkan motivasi warga belajar kesetaraan paket A, B dan C (studi kasus di PKBM Ki Hadjar Dewantara, Kecamatan Sukun, Kota Malang) / Alintang Widhiwaca Sucrama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat Indonesia yang tidak dapat memperoleh pendidikan melalui jalur formal karena berbagai keterbatasan sehingga sangat perlunya di lakukan pemberian pendidikan melalui jalur pendidikan non formal dimana pendidikan tensebut dapat diperoleh melalui Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM). Pendampingan seorang tutor di dalam proses pembelajaran di dalam PKBM sangat di perlukan karena peran pendampingan tutor dapat menambah motivasi belajar. Jika di ingat sekarang ini banyak peserta didik yang kurang berminat dalam masuk pendidikan kesetaraan maka peran tutor sangat di perlukan untuk membangkitkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan di dalam keaktivan mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya akademik tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik 2) Bagaimana upaya non akademik tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan upaya akademik tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kejar paket A B dan C serta 2) Mendiskripsikan upaya non akademik tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kejar paket A B dan C. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tutor kejar paket A B dan C yaitu berjumlah 34orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya akademik tutor dalam pembuatan rancangan pembelajaran yang mencakup penyusunan kompetensi dasar penyusunan tujuan belajar penyusunan indikator serta menyusun materi pokok sangat menentukan dalam meningkatkan dan membantu menumbuhkan motivasi belajar selain itu di dalam proses pembelajaran keterlibatan media belajar keaktifan peserta didik metode pembelajaran materi yang digunakan alokasi waktu sumber belajar sarana belajar dan pemberian nilai juga sangat membantu dalam meningkatkan / menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Selain hal diatas upaya non akademik tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui performa tutor yang dimencakup penampilan tutor dalam mengajar gaya bicara tutor sifat tutor sikap tutor dan keaktifan mengajar juga dapat menumbuhkan serta menambah motivasi belajar peserta didik. Pemberian pujian hukuman membentuk kebiasaan belaja yang baik membantu kesulitan belajar dan bimbingan konseling yang di berikan kepada peserta didik jiga upaya yang dilakukan tutor dalam meningkatkan serta menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kejar paket A B dan C. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Bagi PKBM Ki Hadjar Dewantara bagi tutor agar meningkatkan upaya-upaya yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.memperhatikan performanya dalam mengajar memberikan pujian yang tidak berlebihan memberikan sanksi hukuman yang mendidik membantu membentuk kebiasaan belajar yang baik membantu kesulitan belajar baik individu atau kelompok serta membantu memberikan pemecahan-pemecahan masalah melalui konseling (2) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah sudah saatnya bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah melakukan pendampingan dengan pihak PKBM Ki Hadjar Dewantara dalam penyelenggaraan program paket A B dan C sebagai bentuk pendidikan luar sekolah agar program tersebut dapat terus berkesinambungan. (3) Bagi Peneliti lanjutan diharapkan hasil penelitian ini dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dan hendaknya melakukan pengembangan terhadap hasil penelitian ini dengan melakukan penelitian ini melalui melalui metode dan fokus yang berbeda. Sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap penyelenggaraan program paket A B dan C di PKBM Ki Hadjar Dewantara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item