Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Ototronik pada mata diklat teknik listrik di SMK Negeri 1 Bangil / Sulaiman Fitriansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Ototronik pada mata diklat teknik listrik di SMK Negeri 1 Bangil / Sulaiman Fitriansyah

Fitriansyah, Sulaiman (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Ototronik pada mata diklat teknik listrik di SMK Negeri 1 Bangil / Sulaiman Fitriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriansyah Sulaiman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) denganPendekatanSaintifikuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarPesertadidikKelas X TeknikOtotronikpada Mata diklatTeknikListrik di SMK Negeri 1 Bangil.Skripsi Program StudiPendidikanTeknikElektro JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1)Dr. H. Tri Atmadji S. M.Pd. (2)M. RodhiFaiz S.T. M.T. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) PendekatanSaintifik Aktivitas danHasilBelajarPesertadidik. Dari observasidalamkelasdanwawancaradengan guru matadiklatTeknikListrikyaituIbuLiaYunitaHariani S.Pd yang dilakukanpenelitisebelummelaksanakanpenelitian terdapatduahal yang mendasaripenelitimemutuskanuntukmelakukanpenelitianyaituadabeberapapesertadidik yang aktivitasbelajarnyakurangdanhasilbelajar yang dibawah rata-rata KKM. Duahaltersebutdisebabkanberbagaifaktoryaitu(1) keaktifandanminatbelajar yang kurang (2) padasaat proses pembelajaranpesertadidiktersebutseringkeluaratautidakmengikutipelajaran (3) beberapapesertadidiksukaberguraudantidakmendengarkan guru padasaat proses pembelajaran. Penelitimemutuskanuntukmelakukanpenelitiandenganmenerapkan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL)denganpendekatansaintifikuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarpesertadidik.Selainitu penelitimenggunakanmetodepenelitiantindakankelasdengan model Kemmis Mc Taggart yang memanfaatkantahapanatausiklussebagaitolokukurpenelitian yang didalamnyaberisikantahapan-tahapanyaituperencanaan tindakan pengamatan danrefleksi.Dalampenelitianini yang menjadisubjekpenelitianadalahpesertadidikkelas X TeknikOtotronikdandilaksanakansebanyak 3 siklus. Penelitianinibertujuanuntukmemperbaiki proses pembelajaransebelumnyakarenaaktivitasbelajarpesertadidikkurangdanhasilbelajarpesertadidikdibawah rata-rata KKM. Perencanaantindakandalampenelitianiniadalahmemberikanceritamotivasidancontohprofilkarakter yang dapatditeladaniolehpesertadidik agar dapatmeningkatkanaktivitasbelajarnya langkah-langkah yang adapada model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) dan lima komponen yang adapadapendekatansaintifikyaitumengamati menalar menanya mencoba danmengkomunikasikanagar dapatmeningkatkanhasilpesertadidikkhususnyapesertadidik yang bermasalah. Hasilpenelitian yang telahdilaksanakanmeliputi (1) aktivitasbelajarpesertadidikdapatmeningkatpadasiklus III sebesar 93 18 % dibandingkanpadasiklus I dan II yang berkisardibawah 80 % (2) hasilbelajarpesertadidikdariranahafektifterjadipeningkatan di tiapsiklusnyayaitusiklus I 57 29 % siklus II 70 7 % da siklus III sebesar 91 56 % (3) sedangkanuntukhasilbelajarpesertadidikdariranahpsikomotorikpeningkatanjugaterjadipadatiapsiklusnyayaitusiklus I 60 % siklus II 70 16 % dansiklus III sebesar 90 05 % (4)sertauntukhasilbelajarpesertadidikdariranahkognitifyang meningkatmencapaipresentaseketuntasan100 %padasiklus II dan III berbedadengansiklus I yaitu 76 47 %. Hasiltersebutmenunjukkankeberhasilanpenerapan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) denganpendekatansaintifik yang bermanfaatuntukmenjadikanpesertadidiklebihaktifdankomunikatifdalam proses pembelajaran sertadapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarpesertadidikkhususnyapadamatadiklatTeknikListrikkelas X TeknikOtotronik SMK Negeri 1 Bangil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47708

Actions (login required)

View Item View Item