Sri N., Imam Arief (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio dan flipbook mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik kompetensi keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik di SMKN 6 Malang / Imam Arief Sri N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nugroho Imam Arief S. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio dan Flipbook Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaataan Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (2) Drs. Hari Putranto. Kata Kunci media pembelajaran autoplay media studio flipbook dasar dan pengukuran listrik. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses belajar yakni digunakan sebagai sarana pendukung untuk menyampaikan informasi atau pesan pendidikan dan pengetahuan kepada siswa. Di SMKNegeri 6 Malang pada kompetensi keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik untuk mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik masih ada kelemahan dalam pemanfaatan media sebagai peralatan pendukung pembelajaran. Selain itu agar siswa bisa belajar dan memiliki materi-materi tersebut maka guru harus menyusun modul yang kemudiaan akan di-photocopy-kan ke siswa. Melihat uraian diatas maka mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat berfungsi juga sebagai sumber rujukan yang mudah diakses digandakan dan mudah digunakan serta menggunakan berbagai media didalamnya yakni multimedia interaktif. Media yang digunakan berupa gabungan dari beberapa program meliputi Autoplay Media Studio Flipbook dan Quiz Creator. Tampilan utama dari media ini adalah Autoplay Media Studio yang digunakan untuk menampung program-program lain dalam satu data. Kemudian didalam program ini akan diisi oleh kompetensi buku elektronik kuis dan lain-lain. Buku elektronik ini akan dirancang dikembangkan dan dikemas menjadi bentuk flipbook berisi materi-materi mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan media pembelajaran Autoplay Media Studiodanflipbook mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik dan mengetahui kelayakan produknya. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang fungsinya adalah sebagai pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program. Tahapan pengembangan meliputi lima langkah antara lain Analysis (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi/eksekusi) dan Evaluation (evaluasi/umpan balik). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan didapatkan persentase validitas dari ahli media dan materi dengan rata-rata 94 25%. Kemudian dari hasil uji coba skala kecil didapatkan nilai validitas sebesar 92 84% dan dari hasil uji coba skala besar didapatkan nilai validitas sebesar 91 65%. Sehingga berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Autoplay Media Studio dan Flipbook yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik di kompetensi keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik SMK Negeri 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |