Pengembangan media pembelajaran animasi mata pelajaran dasar kelistrikan untuk siswa kelas X Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Dony Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi mata pelajaran dasar kelistrikan untuk siswa kelas X Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Dony Prasetyo

Prasetyo, Dony (2015) Pengembangan media pembelajaran animasi mata pelajaran dasar kelistrikan untuk siswa kelas X Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Dony Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Dony. 2015. Pengembangan Media PembelajaranAnimasi Mata PelajaranDasarKelistrikan Untuk SiswaKelas X JurusanElektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T (II) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata kunci media pembelajaran animasi dasar kelistrikan Media pembelajaransebagaisalahsatukomponensumberbelajar yang mempunyaiperansangatpentingdanturutmenentukankeberhasilanpenyelenggaraanpendidikanpadatiap-tiapsatuanpendidikan. Media pembelajaransangatdiperlukandalamkegiatanbelajarmengajardisekolah. Media pembelajaran yang dapatdigunakanberupaalatperagaataupun media presentasi.Media pembelajarananimasidinilaicocokuntukmatapelajaranDasarKelistrikan karenapadamatapelajarantersebutsiswadituntutdapatmemvisualisasikanbanyakmaterimengenaiDasarKelistrikan. Media inidapatmenjadisalahsatucarainovatifdalampenyampaianmateripembelajarankarenadapatdisajikansecaralebihinteraktifdanmenariksehinggamemudahkansiswadalammemahamimateri. Dengan media pembelajarananimasiinidiharapkansiswakelas X SMK Negeri 1 Kepanjenlebihberminatdanlebihtermotivasidalammengikutipelajaran.Tujuandaripenelitianiniuntukmerancang media pembelajarandengantampilan yang menarikdanmudahdimengerti sehinggadapatmembuatsiswalebihtertatikdantermotivasidalammengikutipelajaran. Selainitu media pembelajarananimasiinijugadinilaidapatmenambahdayaserapsiswaterhadapmateripelajaran. Dengan media pembelajarananimasiini mutupendidikandisekolahdanhasilbelajarsiswaakanlebihbaik. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R D) yang mengadopsi dariBorg and Gall.Terdapat 10 langkah dalam Research and Development (R D) yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2)perencanaan (3)pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan (9) penyempurnaan akhir produk (10) diseminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi dan uji coba produk terhadap siswakelas X JurusanElektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen diperoleh data akhir sebesar 88 63% oleh ahli media dan 86 84% oleh ahli materi. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil pada 5 siswa yaitu 87 2% dan hasil uji coba kelompok besar pada 30 siswa yaitu 85 73%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi ini sudah valid dan layak sehingga dapat digunakan menjadi suplemen kegiatan pembelajaran sekaligus sarana belajar mandiri bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47702

Actions (login required)

View Item View Item