Pengembangan media pembelajaran animasi mata pelajaran dasar kelistrikan untuk siswa kelas X Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Dony Prasetyo

Prasetyo, Dony (2015) Pengembangan media pembelajaran animasi mata pelajaran dasar kelistrikan untuk siswa kelas X Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen / Dony Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, Dony. 2015. Pengembangan Media PembelajaranAnimasi Mata PelajaranDasarKelistrikan Untuk SiswaKelas X JurusanElektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T, (II) Ahmad Fahmi, S.T., M.T. Kata kunci: media pembelajaran, animasi,dasar kelistrikan Media pembelajaransebagaisalahsatukomponensumberbelajar, yang mempunyaiperansangatpentingdanturutmenentukankeberhasilanpenyelenggaraanpendidikanpadatiap-tiapsatuanpendidikan. Media pembelajaransangatdiperlukandalamkegiatanbelajarmengajardisekolah. Media pembelajaran yang dapatdigunakanberupaalatperagaataupun media presentasi.Media pembelajarananimasidinilaicocokuntukmatapelajaranDasarKelistrikan, karenapadamatapelajarantersebutsiswadituntutdapatmemvisualisasikanbanyakmaterimengenaiDasarKelistrikan. Media inidapatmenjadisalahsatucarainovatifdalampenyampaianmateripembelajarankarenadapatdisajikansecaralebihinteraktifdanmenariksehinggamemudahkansiswadalammemahamimateri. Dengan media pembelajarananimasiinidiharapkansiswakelas X SMK Negeri 1 Kepanjenlebihberminatdanlebihtermotivasidalammengikutipelajaran.Tujuandaripenelitianiniuntukmerancang media pembelajarandengantampilan yang menarikdanmudahdimengerti, sehinggadapatmembuatsiswalebihtertatikdantermotivasidalammengikutipelajaran. Selainitu, media pembelajarananimasiinijugadinilaidapatmenambahdayaserapsiswaterhadapmateripelajaran. Dengan media pembelajarananimasiini, mutupendidikandisekolahdanhasilbelajarsiswaakanlebihbaik. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang mengadopsi dariBorg and Gall.Terdapat 10 langkah dalam Research and Development (R&D) yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data;(2)perencanaan;(3)pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan akhir produk; (10) diseminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan uji coba produk terhadap siswakelas X JurusanElektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen diperoleh data akhir sebesar 88,63% oleh ahli media dan 86,84% oleh ahli materi. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil pada 5 siswa yaitu 87,2%, dan hasil uji coba kelompok besar pada 30 siswa yaitu 85,73%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi ini sudah valid dan layak sehingga dapat digunakan menjadi suplemen kegiatan pembelajaran sekaligus sarana belajar mandiri bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47702

Actions (login required)

View Item View Item