Perbedaan motivasi dan hasil belajar kompetensi mendiskripsikan kondisi operasi alat ukur listrik menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran discovery learning pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang / Lia Duwi Seviane - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan hasil belajar kompetensi mendiskripsikan kondisi operasi alat ukur listrik menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran discovery learning pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang / Lia Duwi Seviane

Seviane, Lia Duwi (2015) Perbedaan motivasi dan hasil belajar kompetensi mendiskripsikan kondisi operasi alat ukur listrik menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran discovery learning pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang / Lia Duwi Seviane. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seviane Lia Duwi. 2015. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Kompetensi Mendiskripsikan Kondisi Operasi Alat Ukur Listrik Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Progam studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. Pembimbing (2) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Motivasi dan Hasil Belajar Jigsaw Discovery Learning Kompetensi Mendiskripsikan Kondisi Operasi Alat Ukur Listrik Keberhasilan dari suatu pembelajaran dapat diketahui dari ketepatan seseorang guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai sehingga memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SMK Negeri 6 Malang pada siswa kelas X kebanyakan siswa kurang mempunyai minat dalam pembelajaran. Alternatif yang digunakan agar siswa mencapai ketuntasan pembelajaran tersebut maka diperlukan model inovatif yaitu menerapkan model pembelajaran Jigsaw dan Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan perbedaan signifikansi rata-rata hasil belajar dari ranah pengetahuan sikap dan keterampilan serta motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Discovery Learning pada kompetensi mendiskripsikan kondisi operasi alat ukur listrik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasy Experiment atau eksperimen semu yaitu posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X L1 dan X L2 di SMK Negeri 6 Malang. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yaitu X L1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan X L2 sebagai kelas kontrol mengggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran sedangkan variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikansi rata-rata hasil belajar ranah pengetahuan sikap keterampilan sedangkan motivasi belajar tidak terdapat perbedaan signifikansi rata-rata menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Discovery Learning kompetensi mendiskripsikan kondisi operasi alat ukur listrik pada jurusan teknik instalasi tenaga listrik di SMK 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47701

Actions (login required)

View Item View Item