Pengaruh model project based learning dan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap hasil belajar dan motivasi pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Fahmi Kamal Fadillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning dan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap hasil belajar dan motivasi pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Fahmi Kamal Fadillah

Fadillah, Fahmi Kamal (2015) Pengaruh model project based learning dan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap hasil belajar dan motivasi pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Fahmi Kamal Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadillah Fahmi K. Pengaruh Model Project Based Learning dan Model Pembelajaran Cooperative type Group Investigation Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Elektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T. (2) M. Rodhi Faiz S.T. M.T.. Kata Kunci Motivasi Belajar Hasil Belajar Project Based Learning (PjBL) Group Investigation (GI) PjBL merupakan model yang diorientasikan untuk mengembangkan keterampilan siswa dengan menghasilkan produk sebagai penguatan materi.GI adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Diharapkan pada penelitian ini model PJBLmenghasilkan nilai lebih tinggi dibandingkan menggunakan model GI. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui signifikansi model PjBl dan cooperative type GIterhadap hasil belajar pada kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan (2) Untuk mengetahui signifikansi model PjBl dan cooperative type GIterhadap motivasi belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen quasi experimental designdengan pola posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Listrik 1 dan X Listrik 2 di SMK Negeri 6Malang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 69 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XL 1 menggunakan model PjBL dan XL 2 sebagai kelas yang menggunakan model GI. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat hasil belajar dan motivasi. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji-t dua pihak dengan bantuan SPSS. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig 0 05 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan yang menerapkan model pembelajaran PjBL dan GI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47700

Actions (login required)

View Item View Item