Pengaruh tingkat kemampuan keaksaraan, status sosial ekonomi, lingkungan kelaurga terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan dalam kehidupan sehari-hari / Vike Margaretna Sunarko Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat kemampuan keaksaraan, status sosial ekonomi, lingkungan kelaurga terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan dalam kehidupan sehari-hari / Vike Margaretna Sunarko Putri

Putri, Vike Margaretna Sunarko (2010) Pengaruh tingkat kemampuan keaksaraan, status sosial ekonomi, lingkungan kelaurga terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan dalam kehidupan sehari-hari / Vike Margaretna Sunarko Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Margaretna Vike. 2008. Pengaruh Tingkat Kemampuan Keaksaraan Status Sosial Ekonomi Lingkungan Keluarga Terhadap Gairah Melestarikan Kemampuan Keaksaraan Dalam Kehidupan Sehari-hari. Keaksaraan Fungsional Desa Klampok Periode Maret-Juli 2007. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono M. Pd. (II) Drs. H Nurhadi Musa M. Pd. Kata Kunci kemampuan keaksaraan status sosial ekonomi lingkungan kelurga dan gairah melestarikan kemampuan keaksaraan Gairah melestarikan kemampuan keaksaraan dalam kehidupan sehari-hari adalah tingkatan perolehan aktifitas membaca menulis berhitung yang diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Aktifitas yang dimaksud adalah aktifitas membaca menulis berhitung yang pernah dilakukan oleh warga belajar sehubungan dengan aktifitas dalam kehidupan keluarga aktifitas bidang kerjanya maupun aktifitas dalam kemasyarakatan. Aktifitas ini bukanlah sesuatu yang berdiri dengan sendirinya akan tetapi ada kaitannya dengan variabel-variabel yang mempengaruhi yaitu tingkat kemampuan keaksaraan status sosial ekonomi dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan keaksaraan status sosial ekonomi lingkungan keluarga terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan dalam kehidupan sehari-hari Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan kuantitatif korelasional. Penelitian ini memakai sampel 70 orang responden yang sumber datanya diperoleh dari warga belajar keaksaraan fungsional periode Maret-Juli 2007 Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengukur tingkat kemampuan keaksaraan wawancara untuk mengukur status sosial ekonomi lingkungan keluarga dan gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik prosentase dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kemampuan keaksaraan terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Dengan sumbangan efektif tingkat kemampuan keaksaraan 15 2%. (2) ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Dengan sumbangan efektif status sosial ekonomi 16 8% (3) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Dengan sumbangan efektif lingkungan keluarga 27 8% (4) ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kemampuan keaksaraan status sosial ekonomi lingkungan keluarga terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Dengan koefisien determinasi 59 8%. artinya besarnya sumbangan variabel kemampuan keaksaraan status sosial ekonomi lingkungan keluarga sangat tinggi terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Dengan demikian tingkat kemampuan keaksaraan status sosial ekonomi dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang sangat tinggi (kuat) terhadap gairah melestarikan kemampuan keaksaraan. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah (1) untuk jurusan PLS disarankan untuk memanfaatkan hasil penelitian ini untuk landasan penelitian selanjutnya (2) untuk UPTD Kecamatan Singosari disarankan untuk bekerjasama dengan keluarga warga belajar melakukan bimbingan belajar lebih lanjut kepada warga belajar (3) untuk Aparat desa disarankan untuk melibatkan lulusan keaksaraan fungsinal dalam kegiatan Desa (4) untuk Pengelengara KKN GN-PPBA disarankan jika nanti ada kelanjutan dari pendidikan keaksaran sebaiknya melakukan kerjasama dengan keluarga agar hasil yang dicapai lebih maksimal (5) Peneliti selanjutnya disarankan menambah variabel guna mengembangkan penelitian ini dan melakukan penelitian lain yang dapat menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item