Pengembangan trainer filter aktif dengan penguat operasional pada mata pelajaran rangkaian elektronika dasar terapan siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Blitar / Sufa Akbar Rizqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer filter aktif dengan penguat operasional pada mata pelajaran rangkaian elektronika dasar terapan siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Blitar / Sufa Akbar Rizqi

Rizqi, Sufa Akbar (2015) Pengembangan trainer filter aktif dengan penguat operasional pada mata pelajaran rangkaian elektronika dasar terapan siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Blitar / Sufa Akbar Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sufa Akbar Rizqi. 2015Pengembangan Trainer Filter Aktif Dengan Penguat Operasional Pada Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika Dasar Terapan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Suwasono M.T. (2) Dr. Eng.Siti Sendari S.T. M.T. S.T. M.Eng. Kata Kunci Pengembangan trainer filter aktif Op-Amp Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pembelajaran filter aktif di SMK Negeri 1 Blitar tidak semua kompetensi yang tertulis di silabus terlaksana dengan baik karena tidak adanya trainer maupun kelengkapan job sheet yang digunakan ketika pratikum sehingga pada saat proses pembelajaran pratikum masih sebatas penggunaan project board apabila dilihat dari sisi efektifitas waktu masih kurang karena siswa harus bongkar pasang komponen. Sehingga dalam satu pertemuan tidak semua cakupan materi terselesaikan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada ketercapaian kompetensi yang diharapkan. Model pengembangan trainerini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIEterdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis (2)Desain (3)Pengembangan (4) Implementasi (5)Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi ahli media dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Validasi menggunakan angket skalaLikert yang kemudian dianalisis. Analisis digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalahjobsheet dan trainer filter yang dilengkapi buku petunjuk penggunaan.Tahap pertama melakukan validasi oleh ahli dilanjutkan dengan mengujicobakan trainer dan job sheet dalam pembelajaran. Sampel sasaran ujicoba adalahsiswa kelas XI Jurusan TAV 1 dan TAV 2. Prosentase hasil validasi ahli materi dosen 94.32% ahli materi guru 98.86% ahli media 94.64% dan hasil uji coba pada kelompok kecil 93.13% kelompok besar 93.15%. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkansudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan menunjukkan produk dinyatakan sangat baik serta dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47695

Actions (login required)

View Item View Item