Perbedaan motivasi hasil belajar pada kompetensi Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar melalui penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan jigsaw pada Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabu

Afifah, Faizatul (2015) Perbedaan motivasi hasil belajar pada kompetensi Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar melalui penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan jigsaw pada Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifah, Faizatul. 2015. Perbedaan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Bipolar Junction Transistor (BJT) Sebagai Penguat dan Piranti Saklar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan Jigsaw Pada Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suwasono, M.T, (II) Drs. Sujono, M.T Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Jigsaw, Direct Instruction, Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar Proses pembelajaran menuntut guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan dan kompetensi yang akan dicapai. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari model pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru (teacher centered), hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar, hasil belajar dan masih ada siswa yang belum mencapai ketuntasan. Alternatif yang digunakan agar siswa mencapai ketuntasan pembelajaran tersebut maka diperlukan model inovatif dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu diterapkan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan yang diajar menggunakan model Direct Instruction, serta mengetahui perbedaan hasil belajar terhadap motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw dan direct instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Eksperimental Design, sampel yang digunakan adalah dua kelas di SMK Negeri 2 Singosari yaitu kelas X TEI 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan X TEI 2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar dan motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan software SPSS. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah ada perbedaan signifikan hasil belajar ranah pengetahuan, ranah sikap dan tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar ranah keterampilan dan motivasi belajar menggunakan model pembelajara jigsaw dan model pembelajaran langsung (Direct Instructions) pada kompetensi Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar untuk siswa kelas X di SMKN 2 Singosari. Sedangkan uji anava tidak terdapat perbedaan yang signifikan efektifitas penerapan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran langsung (Direct Instructions) terhadap motivasi belajar siswa pada kompetensi Bipolar Junction Transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar kelas X Elektroniika Industri SMKN 2 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47690

Actions (login required)

View Item View Item