Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran basis data / Akhmad Maulidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran basis data / Akhmad Maulidi

Maulidi, Akhmad (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Stray (TSTS) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran basis data / Akhmad Maulidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulidi Akhmad. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL 3 SMK Negeri 3 Pamekasan pada Mata Pelajaran Basis Data. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe two stay two sray keaktifan hasil belajar basis data. Berdasarkan hasil wawancara peneliti bersama bapak Jauhar Shafari S.Kom dan hasil observasi di kelas X RPL ditemukan beberapa keluhan dan kelemahan khususnya di kelas X RPL 3 pada proses pembelajaran Basis Data. Keluhan dan kelemahan yang ditemukan tersebut diantaranya (1) keaktifan siswa yang masih kurang yang disebabkan karena siswa takut untuk menyampaikan pertanyaan dan pendapat secara langsung kepada guru (2) kurangnya kemampuan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menimbulkan diskusi kelas (3) hasil belajar siswa yang rendah dan tidak mencapai KKM khususnya Rezky Rusli Sri Hidayati Suhartini dan Syaiful. Peneliti merencanakan penelitian tindakan kelas selama beberapa siklus menggunakan tindakan dari Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Pemilihan tipe TSTS ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada tipe TSTS siswa di bagi menjadi kelompok yang terdiri dari 3-4 orang dalam satu kelompok. Adapun kegiatannya adalah berdiskusi baik diskusi bersama kelompok asal maupun diskusi dengan kelompok tamu. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi (1) keaktifan siswa sebelum tindakan mencapai 75 15% pada siklus I meningkat menjadi 82 29% dan meningkat pada siklus II menjadi 93 14% (2) hasil belajar aspek sikap siswa sebelum tindakan mencapai 68 56% pada siklus I meningkat menjadi 81 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 91 86% (3) hasil belajar aspek keterampilan siswa sebelum tindakan mencapai 66 78% pada siklus I meningkat menjadi 84 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 93 14% dan (4) hasil belajar aspek pengetahuan siswa sebelum tindakan persentase ketuntasannya mencapai 48 57% pada siklus I persentase ketuntasannya 91 43% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Untuk hasil belajar siswa yang bermasalah pada siklus I masih ada yang tidak tuntas antara lain Sri Hidayati Suhartini dan Syaiful pada siklus II siswa yang bermasalah sudah tuntas semua melebihi KKM. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X RPL 3 SMK Negeri 3 Pamekasan pada mata pelajaran Basis Data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47689

Actions (login required)

View Item View Item