Servianti, Ricke Dwana (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatit tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dasar dan penguluran listrik siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Trenggalek / Ricke Dwana Servianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Servianti Ricke Dwana. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Sujono M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci STAD motivasi belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 1 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan pada tanggal 12 April 2014 kepada Bapak Suhardiyono S.Pd selaku guru mata pelajaran Dasar dan Pengukuran listrik pada proses pembelajaran yang dilakukan di kelas X TITL1 SMK Negeri 1 Trenggalek terdapat 11 dari 35 siswa yang motivasi belajarnya rendah karena kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran ini dibuktikan bahwa pada saat observasi siswa tersebut bermain HP saat guru menjelaskan materi di depan kelas dan berbicara dengan temannya di luar materi pelajaran. Nilai 11 siswa tersebut juga masih di bawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimal) sebelum dilakukan remidial. Rata-rata nilai kelas tersebut adalah 76 66 dan persentase ketuntasan hasi belajar siswa sebesar 68 57 % dengan kualifikasi Kurang . Siswa tersebut masih belum memahami konsep dasar dan pengukuran listrik dikarenakan siswa kurang belajar buku atau sumber belajar diberikan mendadak pada saat jam pelajaran berlangsung dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam penelitiaan ini. Karena dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena pada tahap-tahap pembelajarannya sudah bisa mengatasi permasalahan yang ada. 12288 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus yang dirancang adalah 2 siklus dengan menggunakan model Kemmis McTaggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (plan) (2) pelaksanaan (act) (3) pengamatan (observe) dan (4) refleksi (reflect). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TITL1 SMK Negeri 1 Trenggalek yang berjumlah 31 siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Persentase keseluruhan motivasi belajar siklus I sejumlah 70 75 % pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82 31 %. Untuk hasil belajar ranah pengetahuan post test dari siklus I 75 49 menjadi 85 94 pada siklus II. Untuk ranah sikap dari siklus I yaitu 86 45 % menjadi 93 67 % pada siklus II. Sedangkan ranah keterampilan siklus I yaitu 85 67 % menjadi 92 54 % pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |