Uji beda prestasi belajar mata pelajaran elektronika dasar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran make a match pada siswa kelas X Elektronika Industri SMK Negeri 02 Singosari Kabupaten Malang / Cristi Diani Desy Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji beda prestasi belajar mata pelajaran elektronika dasar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran make a match pada siswa kelas X Elektronika Industri SMK Negeri 02 Singosari Kabupaten Malang / Cristi Diani Desy Irawan

Irawan, Cristi Diani Desy (2015) Uji beda prestasi belajar mata pelajaran elektronika dasar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran make a match pada siswa kelas X Elektronika Industri SMK Negeri 02 Singosari Kabupaten Malang / Cristi Diani Desy Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irawan Cristi Diani Desy. 2015. Uji Beda Prestasi Belajar Mata Pelajaran Elektronika Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Model Pembelajran Make A Match Pada Siswa Kelas X Elektronika Industri SMK Negeri 02 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Progam Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (2) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Prestasi Belajar Problem Solving Make A Match. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus memiliki motivasi dalam pembaharuan pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam mengembangkan pemikiran terhadap materi yang diperoleh dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di dalam kelas sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar ranah pengetahuan sikap dan ketrampilan siswa. Model Make a Match dapat membuat suasana belajar yang kondusif sederhana dan menyenangkan sehingga semua siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Sedangkan model Problem Solving dapat melatih siswa mengembangkan keterampilan berfikir dalam mengatasi masalah terkait dengan materi sistem bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ranah pengetahuan ranah sikap ranah keterampilan antara kelas X EI yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran Elektronika Dasar di SMKN 02 Singosari Kabupaten Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan Pretest Dan Posttest Control Group Design. Kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran Make A Match sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa ranah pengetahuan ranah sikap ranah ketrampilan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 02 Singosari yang menerima mata pelajaran Elektronika Dasar. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X EI II sebagai kelas eksperimen dan kelas X EI I sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan pada ranah pengetahuan ranah sikap dan ranah ketrampilan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran Make A Match lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar ranah pengetahuan dan ketrampilan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47685

Actions (login required)

View Item View Item