Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas XI TTTL di SMKN 1 Blitar / Iyudo Saiful Catur Sakti Mahadika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas XI TTTL di SMKN 1 Blitar / Iyudo Saiful Catur Sakti Mahadika

Mahardika, Iyudo Saiful Catur Sakti (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas XI TTTL di SMKN 1 Blitar / Iyudo Saiful Catur Sakti Mahadika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahardika Iyudo Saiful Catur Sakti. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Instalasi Motor Listrik Siswa Kelas XI TITL Di SMKN 1 Blitar. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (2) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe think pair share motivasi hasil belajar instalasi motor listrik. Setelah peneliti mengikuti pembelajaran dalam kelas bersama bapak Ady Sucipto S.Pd. ditemukan keluhan guru pada proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik pada tanggal 15 September 2014 saat peneliti melaksanakan PPL. Keluhan dan kelemahan yang terdapat pada proses pembelajaran sebelumnya yaitu (1) motivasi dan hasil belajar siswa masih kurang khususnya untuk Mareta Ridho Roin dan Yunus (2) siswa megalami kesulitan membaca gambar karena guru menjelaskan secara langsung dan menggambarkan rangkaian di papan tulis (3) kebiasaan pembelajaran dalam kelas siswa dibagi menjadi dua kelompok untuk membahas materi yang berbeda dan (4) siswa dibentuk berkelompok berpasangan namun pada saat praktikum siswa melaksanakannya secara individu. 12288 12288 12288 12288 Peneliti merencanakan penelitian tindakan kelas selama dua siklus menggunakan model tindakan dari Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. 12288 12288 12288 12288 Untuk membenahi pembelajaran sebelumnya karena motivasi belajar siswa yang kurang peneliti merecanakan tindakan dengan memberikan video motivasi dan menampilkan contoh karakter yang bisa diteladani siswa pada kegiatan awal pembelajaran. Kemudian untuk mengatasi kesulitan membaca gambar peneliti menggunakan simulasi rangkaian kendali supaya mempermudah pemahaman terhadap materi rangkaian kendali motor. Sedangakan kebiasaaan pembelajaran siswa dalam kelas yang dibagi menjadi dua kelompok yang membahas materi yang berbeda dan praktikun berpasangan tapi secara individu peneliti membenahinya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share supaya pembelajaran diskusi secara berpasangan bisa dimaksimalkan dengan memberikan materi tentang rangkaian kendali motor dan tugas praktikum yang sama supaya kemampuan siswa dalam kelas juga sama. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi (1) motivasi belajar siswa pada siklus I memiliki persentase 79 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 89 86% (2) hasil belajar aspek sikap pada siklus I memiliki persentase 80 28% dan meningkat pada siklus II menjadi 90 63% (3) hasil belajar keterampilan praktikum siswa pada siklus I memiliki persentase 78 90% dan meningkat pada siklus II menjadi 86 95% (4) hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada siklus I persentase ketuntasannya 48 57% dan meningkat pada siklus II menjadi 97 1%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Motor Listrik siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMKN 1 Blitar yang juga termasuk mata pelajaran di jurusan teknik elektro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47683

Actions (login required)

View Item View Item