Implementasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran teknik mikroprosesor pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK N 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Yussi Anggr

Anggraini, Yussi (2015) Implementasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran teknik mikroprosesor pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK N 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Yussi Anggr. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraini, Yussi. 2015. Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem based learning) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Teknik Mikroprosesor pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (II) H.M.Rodhi Faiz,S.T.,M.T. Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar      Model pembelajaran yang digunakan khususnya SMK Negeri 3 Boyolangu pada jurusan Teknik Mikroprosesor ini masih konvensional. Hal ini dapat berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada jurusan Teknik Elektronika Industri ini masih belum mencapai tingkat maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran teknik mikroprosesor.      Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian ini menggunakan PTK( Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah kelas XI TEI 1 SMKN 3 Boyolangu dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data sendiri dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes akhir. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengolah data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan selanjutnya dilakukan refleksi. Untuk aktivitas belajar menggunakan lembar observasi aktivitas, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan post test, lembar observasi keterampilan serta lembar observasi sikap yang digunakan sebagai instrument untuk melihat tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran tersebut.      Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus ke-1 sampai siklus ke-3. Hasil aktivitas siswa terjadi peningkatan dari siklus ke-1 menuju siklus ke-2 yaitu sebanyak 9% dan terjadi peningkatan lagi sampai siklus ke-3 sebanyak 11,1%. Sedangkan hasil belajar siswa ranah sikap juga mengalami peningkatan untuk kategori sangat baik sebesar 13%, untuk ranah pengetahuan rerata dari siklus 1 sampai siklus ke 3 mengalami peningkatan, siswa yang tuntas sudah mencapai 100%, dan untuk ranah keterampilan peningkatan terjadi sampai siklus ke-3 sebanyak 0,69%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47681

Actions (login required)

View Item View Item