Penerapan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran PLC (Programmable Logic Controller) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XII L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Filla Findyanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran PLC (Programmable Logic Controller) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XII L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Filla Findyanasari

Findyanasari, Filla (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran PLC (Programmable Logic Controller) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XII L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang / Filla Findyanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fidyanasari Filla. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran PLC (Programmable Logic Control) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII L 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Mohamad Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Problem Solving keaktifan belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran Problem Solving merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar aktif siswa dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kektifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PLC (Programmable Logic Controller) kelas XII L 2 Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dimana terdapat 3 siklus dengan masing-masing siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini diantaranya instrumen perlakuan berupa silabus perencanaan pelaksanaan pembelajaran soal test lembar pengamat keterlaksanaan model pembelajaran lembar pengamatan keaktifan siswa lembar pengamatan hasil belajar ranah sikap dan keterampilan. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian kektifan siswa diambil ketika proses pelaksanaan tindakan yaitu ketika siswa mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan pengambilan data hasil belajar ranah pengetahuan diambil dari hasil test siswa hasil belajar sikap dan keterampilan siswa diambil ketika proses pelaksanaan tindakan dilakukan yaitu ketika siswa mengikuti kegiatan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving memiliki rata-rata nilai pengetahuan siklus 1 sebesar 78 49 dengan persentase ketuntasan 77 41% siklus 2 nilai rata-rata pengetahuan siswa sebesar 86 45 dengan persentase ketuntasan 100% dan nilai rata-rata pengetahuan siklus 3 sebesar 93 23 dengan persentase ketuntasan 100%. Persentase hasil belajar ranah sikap siswa pada siklus 1 sebesar 75 29% menjadi 82 38% di siklus 2 dan 88 51% di siklus 3. Persentase hasil belajar ranah keterampilan siswa pada siklus 1 sebesar 73 55% menjadi 81 61% di siklus 2 dan 88 00% di siklus 3. Sedangkan keaktifan siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 74 93% menjadi 81 75% pada siklus 2 dan 86 91% pada siklus 3. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XII L 2 pada mata pelajaran PLC (Programmanble Logic Controller). Saran dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47677

Actions (login required)

View Item View Item