Perbedaan hasil belajar elektronika dasar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Nur Azizah Suwardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar elektronika dasar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Nur Azizah Suwardi

Suwardi, Nur Azizah (2015) Perbedaan hasil belajar elektronika dasar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Nur Azizah Suwardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suwardi Nur Azizah. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Elektronika Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Student Teams Achievement Divisions Pada Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. Kata Kunci Hasil belajar problem solving student teams achievement divisions Dalam kegiatan pembelajaran salah satu komponen pendukung yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran adalah metode pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil observasi di SMKN 2 Singosari diketahui bahwa model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dan kurang mengerti materi yang dipelajari sehingga berdampak pada hasil belajar. Untuk membuat siswa menjadi lebih aktif kreatif dalam berfikir serta dapat meningkatkan hasil belajar maka perlu diterapkan model pembelajaran agar tujuan belajar yang optimal. Model pembelajaran problem solving dan STAD dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan siswa pada kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan STAD pada siswa kelas X EI mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 2 Singosari. Metode yang dipilih oleh peneliti adalah metode eksperimen semu dalam bentuk penelitian kuantitatif komparatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas kontrol yang menggunakan model STAD. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Hasil penelitian dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan (sig. 0 018 0 05) sikap (sig. 0 002 0 05) keterampilan (sig. 0 007 0 05) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan yang belajar menggunakan model pembelajaran problem solving dengan yang belajar dengan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47675

Actions (login required)

View Item View Item