Perbedaan hasil belajar teknik kerja bengkel dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan m odel pembelajaran Student team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 10 Malang / Erma Intan Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar teknik kerja bengkel dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan m odel pembelajaran Student team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 10 Malang / Erma Intan Safitri

Safitri, Erma Intan (2015) Perbedaan hasil belajar teknik kerja bengkel dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan m odel pembelajaran Student team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X Ototronik SMK Negeri 10 Malang / Erma Intan Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safitri Erma Intan. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Teknik Kerja Bengkel Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas X Ototronik Smk Negeri 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Drs. Hari Putranto Kata Kunci PBL STAD Hasil Belajar Berdasarkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel kelas X SMK Negeri 10 Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran Teknik Kerja Bengkel menggunakan metode inkuiri tetapi pada kenyataannya masih banyak menggunakan ceramah dan metode belajar kelompok sehingga sedikit siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran model PBL dengan pembelajaran model STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dan menggunakan tipe pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X OTR 2 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen dan X OTR 1 (30 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diajar menggunakan model PBL dan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model STAD. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen penelitian dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai hasil belajar secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji-t yang memperoleh thitung (5 079) ttabel (1 6715). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol. Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (85 8734) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol (78 8889). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model PBL dengan model STAD materi Papan Rangkaian Tercetak (PRT) pada siswa kelas X Otrotonik SMK Negeri 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47674

Actions (login required)

View Item View Item