Kajian sikap dan hasil belajar matakuliah Programmable Logic Controller (PLC) dengan menggunakan software simulasi zelio soft pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Bagus Rizal Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sikap dan hasil belajar matakuliah Programmable Logic Controller (PLC) dengan menggunakan software simulasi zelio soft pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Bagus Rizal Setiawan

Setiawan, Bagus Rizal (2015) Kajian sikap dan hasil belajar matakuliah Programmable Logic Controller (PLC) dengan menggunakan software simulasi zelio soft pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Bagus Rizal Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizal Bagus Setiawan. 2015. Kajian Sikap dan Hasil Belajar Matakuliah Programmable Logic Controller (PLC) dengan Mennggunakan Software Simulasi Zelio Soft pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2011 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hary Suswanto M.T. (2) Drs. Hari Putranto Kata kunci kelas eksperimen kelas kontrol PLC Software simulasi zelio soft. 12288 12288 12288 12288 Ketersediaan alat dan bahan PLC di Teknik Elektro Universitas Malang belumlah cukup untuk bekal mahasiswa bekerja nanti. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan menggunakan media software yang bisa digunakan sebagai simulasi PLC. Zelio Soft merupakan salah satu software yang bisa digunakan sebagai simulasi tanpa harus terhubung dengan bahan atau alat PLC yang berbasis pemograman smart relay. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan eksperimental semu atau quasi-eksperimental (Quasi Experimental Design). Pada penelitian eksperimental ini menggunakan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara random dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Kelas eksperimen menggunakan media software simulasi zelio soft untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan melainkan memanfaatkan materi PLC yang pernah diperoleh sebelumnya. 12288 12288 12288 12288 Teknik Pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini dengan metode tes dan angket. Untuk menguji hipotesis digunakanlah uji-t. Hasil Paired Sample t-Test hasil nilai pre test dan post test pada kelas eksperimen. signifikansi 0 00 0 05 dapat disimpulkan hasil pre test dan post test pada kelas eksperimen sangat meningkat. Hasil analisis Independent Sample t-Test hasil akhir (post test) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi 0 00 0 05 dengan kata lain terdapat perbedaan antara nilai post test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dilakukan analisa deskripsi penilaian sikap terhadap pelatihan untuk mengetahui respon mahasiswa yang menggunakan software simulasi zelio soft. Analisa tersebut meliputi penilaian sikap terhadap proses pelatihan sikap terhadap materi pelatihan dan sikap terhadap instruktur pelatihan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media software simulasi zelio soft dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PLC. Hasil analisa penilaian sikap didapatkan responden menyatakan sangat setuju terhadap proses pelatihan sangat setuju terhadap materi pelatihan dan sangat setuju terhadap instruktur pelatihan. Bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah PLC untuk menggunakan software simulasi zelio soft.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47673

Actions (login required)

View Item View Item