Pendidikan anak usia dini pada keluarga muda sebagai upaya mengembangkan kecerdasan anak usia dini di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Normawati Widiarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan anak usia dini pada keluarga muda sebagai upaya mengembangkan kecerdasan anak usia dini di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Normawati Widiarsih

Widiarsih, Normawati (2010) Pendidikan anak usia dini pada keluarga muda sebagai upaya mengembangkan kecerdasan anak usia dini di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar / Normawati Widiarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Sebenarnya pendidikan anak usia dini tidak hanya dilakukan oleh lembaga PAUD saja tetapi juga dapat dilakukan oleh orang tua. Bahkan orang tua memegang peranan yang sangat signifikan dalam pendidikan anak dini usia. Pola pendidikan anak usia dini yang diterapkan antara satu keluarga dengan keluarga lainnya pastinya berbeda-beda tergantung pada latar belakang masing-masing orang tua utamanya bagi keluarga muda yang masih minim pengalaman pengetahuan dan baru saja memasuki dunia keluarga yang masih asing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pendidikan anak usia dini yang diterapkan keluarga muda dalam mengembangkan kecerdasan anak usia dini dan (2) hambatan-hambatan yang dialami keluarga muda dalam mendidik anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif penelitian deskriptif kuantitatif. Deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan tentang pola pendidikan anak usia dini yang diterapkan oleh keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar dan kuantitatif karena bertujuan memperoleh dukungan data berupa data kuantitatif di lapangan. Dengan jumlah populasi 228 keluarga dan sampel 50 keluarga atau 20 % dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan yang diterapkan oleh keluarga muda kepada anak usia dini meliputi beberapa hal yaitu (1) Pendidikan dalam perkembangan fisik dan motorik anak yang dilakukan keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar sudah sangat baik. (2) Pendidikan dalam perkembangan moral dan nilai-nilai agama anak yang diberikan kepada anak usia dini oleh keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar pada umumnya sudah sangat baik. (3) Pendidikan dalam perkembangan bahasa anak yang dilakukan keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar kepada anak usia dini pada umunya sangat baik. (4) Pendidikan dalam perkembangan kognitif anak pada keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar pada umumnya baik. (5) Pendidikan dalam perkembangan sosial-emosional anak dalam keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar pada umumnya sangat baik. (6) Pendidikan dalam perkembangan seni dan kreatifitas anak pada keluarga muda di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar pada umumnya baik. Dan hambatan yang dialami keluarga muda dalam mendidik anak usia dini antara lain (1) faktor eksternal orang tua yang menjadi hambatan halangan dan masalah yang dihadapi keluarga muda dalam mendidik anak antara lain masyarakat sekitar dan teman sebaya anak. Dan (2) faktor intern orang tua yang banyak menghambat pendidikan anak usia dini adalah psikologi dan emosi orang tua pengetahuan orang tua tentang pendidikan anak pengalaman orang tua dalam mendidik anak dan juga kemampuan ekonomi orang tua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka ada beberapa saran (1) bagi Orang tua muda untuk lebih melatih emosi menambah pengetahuan lebih memahami watak dan karakteristik anak dan melakukan kerja sama dengan masyarakat dan sekolah dalam mendidik anak dalam keluarga (2) bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah diharapkan bekerja sama dengan pemerintah untuk melaksanakan penyuluhan pelatihan dan program bagi keluarga muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang Pendidikan Anak Usia Dini dan juga melakukan pendampingan bagi lembaga PAUD dalam penyelenggaraan program PAUD bagi masyarakat kegiatan tersebut dapat dilakukan pada waktu KKN ataupun PPL (3) Diharapkan hasil penelitian ini dapat dilakukan penelitian lebih lanjut selain tentang pendidikan keluarga muda. Dan hendaknya melakukan pengembangan terhadap hasil penelitian ini melalui metode dan fokus yang berbeda sehingga dapat memberikan kontribusi dan masukan terhadap penyelenggaraan program PAUD pada umumnya dan program PAUD dalam keluarga pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item View Item