Pengembangan trainer robot lengan otomatis sebagai media pembelajaran robotika / Citta Anindya

Anindya, Citta (2015) Pengembangan trainer robot lengan otomatis sebagai media pembelajaran robotika / Citta Anindya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anindya, Citta. 2014. Pengembangan Trainer Robot Lengan Otomatis Sebagai Media Pembelajaran Robotika. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata kunci : Trainer, Robot Lengan, Matakuliah Robotika     Matakuliah Robotika di Universitas Negeri Malang merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa program pendidikan S1 Pendidikan Teknik Elektro. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengajar dan pengalaman pada saat menempuh matakuliah robotika, kendala yang dihadapi adalah media pembelajaran yang digunakan. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya sarana dan prasarana sehingga kurang sesuai dengan standart kompetensi yang terdapat pada matakuliah Robotika. Selama satu semester, mahasiswa hanya terbatas pada pengetahuan robot line follower yang membuat standart kompetensi matakuliah robotika belum terpenuhi. Berdasarkan alasan tersebut, dibutuhkan trainer robot lengan otomatis sebagai media pembelajaran Robotika.     Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer robot lengan otomatis untuk matakuliah Robotika; (2) untuk menghasilkan media pembelajaran berupa modul praktikum dan petunjuk penggunaan trainer robot lengan otomatis untuk matakuliah Robotika; (3) melakukan pengujian kelayakan hasil penelitian untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan.     Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Sugiyono yang telah disesuaikan dengan obyek penelitian. Langkah-langkahnya adalah: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Pengambilan data validasi pada pengembangan ini dalam bentuk kuesioner, kuesioner yang digunakan terdiri dari 3 jenis berdasarkan responden, yaitu untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa.     Hasil uji coba produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kelompok responden diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ahli media menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 97,29%; (2) ahli materi menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 94%; dan (3) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2011 offering B menyatakan produk ini valid dan layak digunakan dengan persentase 91,16% pada uji coba kelompok kecil dan 92,48% pada uji coba kelompok besar. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47668

Actions (login required)

View Item View Item