Penerapan model cooperative learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan kompetensi belajar pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X SMK Sore Tulungagung / Endah Setyo Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan kompetensi belajar pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X SMK Sore Tulungagung / Endah Setyo Wardani

Wardani, Endah Setyo (2015) Penerapan model cooperative learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan kompetensi belajar pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X SMK Sore Tulungagung / Endah Setyo Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Endah Setyo. 2014. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik pada Siswa Kelas X SMK Sore Tulungagung. Skripsi Jurusan TeknikElektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Teams Games Tournament Keaktifan Siswa Kompetensi Belajar 12288 12288 12288 Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) adalah suatu pembelajaran dimana siswa belajar berkelompok secara heterogen yang diharapkan dapat memotivasi keaktifan siswa lain untuk saling membantu antar siswa yang berkemampuan lebih dengan siswa yang berkemampuan kurang dalam menguasasi materi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik kelas X-TIPfL-2 dengan menggunakan model cooperative learning tipe teams games tournament (TGT). 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dimana terdapat 2 siklus dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X-TIPfL-2 SMK Sore Tulungagung tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 44 siswa. Sumber data dalam penelitian yaitu siswa kelas X-TIPfL-2 SMK Sore Tulungagung dan guru. Instrumen yang digunakan diantaranya berupa rencana pelaksana pembelajaran lembar kerja siswa soal pre- post test lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar observasi keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa metode observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian diperoleh pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 72 73 % dan persentase banyaknya siswa yang tuntas dalam kompetensi belajar pada materi elemen pasif hukum ohm kirchoff 1 dan hukum kirchoff 2 adalah sebesar 27 03 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 88 42 % dan persentase banyaknya siswa yang tuntas dalam kompetensi belajar pada materi transformasi star-delta dan daya-energi listrik adalah sebesar 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan kompetensi belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47667

Actions (login required)

View Item View Item