Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran teknik listrik pada siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Rizki Hadipurnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran teknik listrik pada siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Rizki Hadipurnomo

Hadipurnomo, Rizki (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran teknik listrik pada siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Rizki Hadipurnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizki Hadipurnomo. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Listrik Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri Di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto M.T (II) Ahmad Fahmi M.T. Kata Kunci Think Pair Share Teknik Listrik Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SMKN 2 Singosari siswa kelas X pada waktu pembelajaran Teknik Listrik adalah sebagai berikut (1) guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (2) siswa kurang antusias (3) Hasil belajar kurang memuaskan. Karena metode pembelajaran yang masih konvensional tersebut menyebabkan siswa menjadi cepat bosan dan kurang antusias dalam belajar sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pelajaran dalam mata pelajaran Teknik Listrik perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Listrik antara siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas dimana kelas eksperimen diterapkan perlakuan metode pembelajaran think pair share dan kelas kontrol tanpa diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Hasil Penelitian dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode pembelajaran think pair share dengan siswa kelas kontrol yang tanpa perlakuan. Dari hasil penelitian ditemukan hasil bahwa siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47666

Actions (login required)

View Item View Item