Perbedaan motivasi dan hasil belajar Programmable Logic Control (PLC) menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan hasil belajar Programmable Logic Control (PLC) menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malan

Lindawati, Hentik (2015) Perbedaan motivasi dan hasil belajar Programmable Logic Control (PLC) menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lindawati Hentik. 2014. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Programmable Logic Control (PLC) Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas XII Teknik Installasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suwasono M.T. (2) Drs. Puger Honggowiyono M.T. Kata Kunci Motivasi Belajar Hasil Belajar Numbered Head Together (NHT) Student Teams Achievement (STAD) Programmable Logic Control (PLC) Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keberhasilan siswa dalam belajar guru perlu memahami faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah faktor motivasi belajar. Tanpa motivasi siswa tidak dapat belajar dengan baik. Dengan motivasi belajar yang tinggi seseorang berkeinginan untuk melakukan aktivitas belajar lebih giat dan semangat. Salah satu upaya pengelolaan motivasi dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaraan salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan kelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan uji anova dua jalur. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif dengan sig.0 0080 05 tidak terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik dengan sig.0 246 0 05 tidak terdapat perbedaan hasil belajar motivasi dengan sig.0 293 0 05 dan uji anava yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif afektif dan psikomotorik siswa yang memiliki motivasi tinngi dan motivasi rendah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47665

Actions (login required)

View Item View Item