Uji beda hasil belajar dalam kompetensi dasar mendeskripsikan elemen pasif dan elemen aktif dalam rangkaian listrik arus searah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenag - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji beda hasil belajar dalam kompetensi dasar mendeskripsikan elemen pasif dan elemen aktif dalam rangkaian listrik arus searah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenag

Hamimah, Siti (2015) Uji beda hasil belajar dalam kompetensi dasar mendeskripsikan elemen pasif dan elemen aktif dalam rangkaian listrik arus searah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenag. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamimah Siti.2014.Uji Beda Hasil Belajar Dalam Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Elemen Pasif Dan Elemen Aktif Dalam Rangkaian Listrik Arus Searah Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smkn 6 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwasono M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Jigsaw Hasil Belajar Model pembelajarankooperatifmerupakanstrategi pembelajaran yang mengkondisikan siswa belajar bekerjasama dan aktif berinteraksi dalam kelompok-kelompok kecil yang memenuhi lima unsur pokok pembelajaran kooperatif. Lima unsur pok tersebut adalah (1) saling ketergantungan (2) tanggung jawab individual (3) interaksi personal (4) keahlian bekerjasama dan (5) evaluasi proses kelompok. Model pembelajaran yang digunakan khusunya pada jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 6 Malang ini masih relatif konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan evektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT)dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa.Keduapembelajarantersebut menekankandimanapesertadidikbekerjadalamkelompokkeciluntuksalingmembantusatusamalainnyadalammempelajarimateripelajarandenganberpusatpadasiswa (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif afektif dan psikomotorik siswa pada kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran team games tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasyeksperimentaldengandesainpretest posttest control group design. Desainpenelitianinimenggunakanduakelassebagaikelaseksperimenditerapkan model pembelajaranTeams Games Tournament(TGT)dankelascontrolditerapkan model pembelajaranexpert group(Jigsaw) Analisis data yang digunakanuntukmengujihipotesisadalahuji-t. Hasil Penelitian dilihat dari uji-tmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif(sig.0 0010 05) tidak terdapat hasil belajar yang signifikan hasil belajar psikomotorik (sig. 0 279 0 05). Kesimpulandaripenelitianyaituterdapatperbedaanmotivasi dan hasilbelajar ranah kognitif afektif psikomotorik yang signifikanantara siswa yang belajar dengan model pembelajaran expert group dengan yang belajar dengan model pembelajaran team games tornament (TGT) dantidak terdapat perbedaan hasilbelajarranahkognitif afektif danpsikomotoriksiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47664

Actions (login required)

View Item View Item