Fitriyah, Nihayatul (2015) Perbedaan tingkat motivasi dan hasil belajar mata pelajaran teknik listrik melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (PBI) dengan Team Game Tournament (TGT) pada Jurusan Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Nihayatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fitriyah Nihayatul. 2014. Perbedaan Tingkat Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Listrik melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (PBI) dengan Team Games Tournament (TGT) pada Jurusan Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. (2) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. Kata kunci Motivasi Belajar Hasil Belajar Team Game Tournament (TGT) Pembelajaran Berbasis Inkuiri (PBI) Teknik Listrik Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan game dan turnamen pada akhir pembelajaran yang dimodivikasi sesuai dengan kurikulum 2013. Model pembelajaran TGT diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dari ranah pengetahuan sikap dan keterampilan serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuktikan signifikansi perbedaan hasil belajar dari ranah pengetahuan sikap dan keterampilanserta motivasi yang menerapan model pembelajaran TGT dengan PBI pada kompetensi menganalisis hukum-hukum kelistrikan dan teori kelistrikan dan (2) membuktikan signifikansi perbedaan efektitifitas hasil belajar yang menggunakan kedua model pembelajaran terhadap motivasi belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental)yang termasuk dalam jenis penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Elektronika Industri 1 dan X Elektronika Industri 2 di SMK Negeri 2 Singosari tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 68 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas EI 1 sebagai kelas kontrol dan EI 2 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat hasil belajar dan motivasi. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji-t dua pihak dan menggunakan uji anova dua jalur yang dihitung dengan bantuan SPSS. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig 0 05 dan thitung ttabel dan hasil uji anova menunjukkan nilai sig 0 05 maka hipotesis Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan yang menerapkan model pembelajaran TGT dan PBI pada matapelajaran teknik listrik pada jurusan Elektronika Industri di SMK 2 Singosari. Sedangkan pada uji anova diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan efektifitas hasil belajar ranah pengetahuan yang menggunakan kedua model pembelajaran terhadap motivasi belajar dan tidak ada perbedaan hasil belajar ranah sikap dan keterampilan yang menerapkan model pembelajaran TGT dan PBI terhadap motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |