Nilai jual (Selling Point) Lembaga PAUD sebagai daya tarik bagi orangtua dalam menyekolahkan anak (Studi kasus pada PAUD Zamzam Malang) / Luluk Khoirul Ummati - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai jual (Selling Point) Lembaga PAUD sebagai daya tarik bagi orangtua dalam menyekolahkan anak (Studi kasus pada PAUD Zamzam Malang) / Luluk Khoirul Ummati

Ummati, Luluk Khoirul (2010) Nilai jual (Selling Point) Lembaga PAUD sebagai daya tarik bagi orangtua dalam menyekolahkan anak (Studi kasus pada PAUD Zamzam Malang) / Luluk Khoirul Ummati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ummati Luluk Khoirul. 2008. Nilai Jual (Selling Point) Lembaga PAUD sebagai Daya Tarik bagi Orangtua dalam Menyekolahkan Anak (Studi Kasus pada PAUD Zamzam Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono M. Pd (II) Dra. Dwi Maziyah P M.Pd. Kata kunci nilai jual (selling point) pendidikan anak usia dini Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 1 menjelaskan bahwa standar pendidikan meliputi standar kompetensi lulusan standar isi standar proses standar pendidikan dan tenaga kependidikan standar sarana prasarana standar pengelolaan standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan. PAUD Zamzam merupakan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang beralamat di Jln. Cakalang 209a Polowijen Kelurahan Blimbing Kota Malang dan berdiri pada tahun pelajaran 2006/2007. PAUD Zamzam pada tahun pertama memiliki jumlah anak didik 58 dan pada tahun 2007/2008 jumlah anak didiknya 104. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen yang memiliki nilai jual (selling point) sebagai daya tarik orangtua anak didik dalam memilih PAUD Zamzam Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel proporsi dan sampel acak (proportional random sampling) sebesar 50% sehingga jumlah sampelnya adalah 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen yang memiliki nilai jual (selling point) adalah komponen biaya dengan prosentase 84% komponen pendidik/guru dengan prosentase 79 3% komponen masyarakat sekitar dengan prosentase 77 8% komponen anak didik dengan prosentase 77% komponen sarana prasarana dengan prosentase 74 2% dan komponen kurikulum dengan prosentase 73 4%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada praktisi Pendidikan Luar untuk mempertimbangkan hasil temuan ini bahwa komponen biaya yang dapat dijangkau semua kalangan masyarakat sangat penting dalam suatu lembaga untuk memberikan kesempatan belajar bagi kelas ekonomi bawah. Selain itu yang harus diperhatikan adalah komponen-komponen lain seperti komponen kurikulum dalam mendukung proses pembelajaran komponen kompetensi anak didik kompoen sarana prasarana dan komponen masyarakat sekitar. Dan kepada pengelola PAUD dalam aspek pembiayaan pendidikan lebih diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi bawah dan apabila ada keringan pengelola memberi penjelasan. Sehingga masyarakat ekonomi bawah mampu menjangkau biaya pendidikan dengan didukung pendidik/guru yang berkompetensi masyarakat sekitar lebih mendukung keberadaan PAUD lulusan yang berkompeten kurikulum dan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item