Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif flipping e-book pada mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Islam 1 Blitar / Fitri Ainun Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif flipping e-book pada mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Islam 1 Blitar / Fitri Ainun Rosita

Rosita, Fitri Ainun (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif flipping e-book pada mata pelajaran Pemrograman Web di SMK Islam 1 Blitar / Fitri Ainun Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosita Fitri Ainun. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Flipping E-Book Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Pemrograman Web Flipping E-Book 12288 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berpengaruh terhadap barbagai aspek kehidupan bahkan perilaku serta aktifitas manusia. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi pada proses belajar mengajar terutama teknologi multimedia komputer. Berdasarkan observasi dan waancara kepada guru SMK Islam 1 Blitar guru diandalkan sebagai sumber informasi dan tutor dalam melaksanakan pembelajaran. Keadaan pembelajaran belum ditunjang dengan media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung. Siswa juga kurang memiliki inisiatif untuk belajar mandiri. Ditambah dengan diterapkannya Kurikulum 2013 SMK ini belum memiliki media pembelajaran berbasis multimedia untuk mengajar. Guru masih menggunakan file portable document format dan slide power point untuk menyampaikan materi. Hal itu kurang mendorong minat siswa untuk belajar secara aktif sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif karena materi yang di sampaikan tidak dapat diterima secara maksimal oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Islam 1 Blitar serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Islam 1 Blitar. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) Borg and Gall. Perancangan media pembelajaran melalui 8 tahap kegiatan yaitu(1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perancangan media (3) pengembangan produk awal 4) revisi materi dan media 5) uji coba lapangan awal 6) revisi materi dan media (7) uji coba lapangan dan (8) revisi media selanjutnya media siap digunakan.. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji coba diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase 91 25%. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 95 24%. Hasil uji coba lapangan awal mendapatkan persentase 91 60%. Hasil uji coba lapangan mendapatkan persentase 93 79%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2010 212) maka media tersebut tergolong kualifikasi sangat valid artinya media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan karena mendapatkan persentase lebih dari 70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47659

Actions (login required)

View Item View Item