Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk siswa kelas X pada mata pelajaran Pekerjaan dasar Elektromekanik pokok bahasan K3LH SMK Negeri 6 Malang / Happy Latifur Rizal Perdananda

Perdananda, Happy Latifur Rizal (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk siswa kelas X pada mata pelajaran Pekerjaan dasar Elektromekanik pokok bahasan K3LH SMK Negeri 6 Malang / Happy Latifur Rizal Perdananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perdananda, Happy Latifur Rizal. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pokok Bahasan K3LH SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd.; (2) Drs. Fx. Budi Raharjo, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Web, K3LH Pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan hidup (K3LH) yang diajarkan di SMKN 6 Malang. Program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, siswa diwajibkan untuk menguasai dan memahami materi sebelum melakukan praktik kerja bengkel, hal ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan kerja. Hasil observasi di Sekolah dan interview dari beberapa siswa yang telah diajar oleh guru mata pelajaran tersebut, dalam pembelajarannya masih bersifat konvensional, dimana guru menggunakan metode ceramah sedangkan siswa hanya mendengarkan dan kemudian merangkum apa yang dijelaskan oleh guru. Guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang tepat, dan belum memanfaatkan fasilitas sekolah dengan baik. Hal ini menyebabkan siswa cenderung menjadi malas dan tidak memperhatikan pada saat guru menerangkan, sehingga pemahaman siswa terhadap materi kurang maksimal. Penerapan media pembelajaran berbasis web ini nantinya dapat memberikan kemudahan bagi siswa, untuk mendapatkan pengetahuan belajar di mana saja, kapan saja dengan mudah dan cepat. Media pembelajaran berbasis web ini juga sebagai media alternative pengganti kertas untuk menyimpan berbagai dokumentasi atau informasi, serta sebagai media komunikasi yang lebih interaktif antara guru dengan siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis web ini menggunakan salah satu metode pengembangan media dari Sugiyono (2011) yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis dan kondisi lapangan. Terdapat beberapa tahap-tahap utama dalam metode pengembangan media Sugiyono (2011), yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desa?¼in, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakai?¼an, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Pengembangan media pembelajaran berbasis web ini menggunakan salah satu metode kuantitatif dekriptif, yang akan meneliti tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis web. Dalam mengumpulkan data, menggunakan observasi dan instrumen angket yang berbentuk skala likert. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, didapatkan presentase hasil validasi oleh ahli materi sebesar 89,6%, hasil validasi ahli media sebesar 92,8%, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89,1%, dan hasil uji coba kelompok besar 90,5%. Maka dapat disimpulkan, bahwa media ini secara keseluruhan layak/valid untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47658

Actions (login required)

View Item View Item