Pengembangan bahan ajar teknik elektronika untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Elektronika Industri / Luqman Nur Rakhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar teknik elektronika untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Elektronika Industri / Luqman Nur Rakhim

Rakhim, Luqman Nur (2014) Pengembangan bahan ajar teknik elektronika untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Elektronika Industri / Luqman Nur Rakhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rakhim Luqman Nur.2014. Pengembangan Bahan Ajar Teknik Elektronika Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Elektronika Industri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (2) Drs. F. X Budi Rahardjo M.Pd. Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar Teknik Elektronika 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar merupakan salah satu kompenen yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Kurangnya bahan ajar pada mata pelajaran Teknik Elektronika akan menjadi penghambat dalam proses belajar mengajar. Dengan mengembangkan bahan ajar akan membantu siswa dalam belajar Teknik Elektronika. Selain itu bahan ajar juga dapat memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri maupun dengan bimbingan orang lain dan siswa juga dapat mengontrol kemampuan dan intensitas belajarnya sendiri. Jadi dengan adanya bahan ajar Teknik Elektronika ini dapat menjadi salah satu sumber belajar yang direncanakan (by design) bagi para siswa SMK Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Bahan ajar ini juga dapat digunakan pendidik sebagai media untuk membantu proses belajar mengajar dan mengatasi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar ini direview oleh pembimbinng ahli materi dan responden dengan menggunakan angket yang diadaptasi dari Penilaian Buku Pelajaran Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil analisis data angket dari pembimbing mendapatkan persentase 92 76 % yang berarti layak dari ahli materi diperoleh persentase 90 83 % yang berarti layak dari uji coba perorangan diperoleh persentase 89 58 % yang berarti layak dan dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 83 72 % yang berarti layak dan dari uji coba kelompok besar/lapangan diperoleh persentase 86 23 % dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar Teknik Elektronika termasuk dalam kualifikasi valid dan kriteria layak digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47656

Actions (login required)

View Item View Item