Pengembangan trainer sistem integrasi pembangkit listrik skala piko / Dedi Tri Laksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer sistem integrasi pembangkit listrik skala piko / Dedi Tri Laksono

Laksono, Dedi Tri (2014) Pengembangan trainer sistem integrasi pembangkit listrik skala piko / Dedi Tri Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laksono Dedi Tri. 2014. Pengembangan Trainer Pembangkit Listrik Skala Piko. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ahmad Fahmi S.T. M.T. (2) Moh. Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci trainer integrasi pembangkit listrik Praktikum pembangkit tenaga listrik adalah salah satu matakuliah di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pada matakuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai sistem integrasi pembangkit listrik. Dalam menyampaikan materi integrasi tentunya disajikan menggunakan media melalui wujud trainer. Dalam kurun waktu terakhir ini para ahli menyadari belum ada media trainer yang relevan mengenai sistem integrasi pembangkit listrik khususnya di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. 12288 12288 12288 Pada proses pembelajaran matakuliah Praktikum Pembangkit Tenaga Listrik dengan pokok bahasan sistem integrasi pembangkit listrik masih kekurangan media trainer mengenai sistem integrasi. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang memahami bagaimana merancang membuat dan mengoperasikan sistem integrasi yang memiliki kompleksitas tinggi tersebut. 12288 12288 12288 Bila melihat permasalahan yang ada maka dibuatlah suatu trainer integrasi pembangkit listrik skala piko untuk sebagai media pembelajaran. Integrasi dilakukan dengan menggabungkan dua sumber listrik pada pengembangan ini dua sumber listrik tersebut berasal dari generator DC dan PLN. Dengan adanya trainer ini diharapkan kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung secara aktif efektif dan bermanfaat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu (1) Menghasilkan trainer integrasi pembangkit listrik skala piko bagi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (2) Menghasilkan jobsheet trainer integrasi pembangkit listrik skala piko bagi dosen dan mahasiswa. 12288 12288 12288 Pada penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Sugiyono. Pada model pengembangan ini pada setiap langkah pengerjaannya memiliki revisi yang bertujuan untuk kevalidan data dan kesempurnaan trainer yang dibuat. Model pengembangan ini terdiri dari 10 tahap yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi massal Berdasarkan pada hasil uji coba diperoleh presentase dari tiap-tiap subjek coba sebagai berikut (1) Pada ahli media diperoleh persentase sebesar 88 00% (2) Pada ahli materi diperoleh persentase sebesar 86 00% (3) Pada kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 89 60% (4) Pada kelompok besar diperoleh persentase sebesar 86 07%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer integrasi pembangkit listrik skala piko ini valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47655

Actions (login required)

View Item View Item