Pengembangan media pembelajaran berbasis web matakuliah mikroprosesor di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Daniel Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis web matakuliah mikroprosesor di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Daniel Wijaya

Wijaya, Daniel (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis web matakuliah mikroprosesor di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Daniel Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijaya Daniel. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Matakuliah Mikroprosesor di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara M.Pd. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Mikroprosesor media pembelajaran Web 12288 12288 12288 12288 Mikrokontroler sudah digunakan secara luas saat ini pada dunia industri. Penelitian dan tugas akhir mahasiswa banyak sekali menggunakan mikrokontroler yang harganya sangat murah ini. Atmel Maxim dan Novuton merupakan produsen mikrokontroler yang umum digunakan saat ini. Mikrokontroler ada hampir pada setiap peralatan elektronika termasuk pada robot-robot canggih juga bergantung pada mikrokontroler ini. Mikrokontroler adalah pengetahuan yang wajib yang diajarkan di Jurusan Teknik Elektro pada berbagai universitas contohnya pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Mikrokontroler dipelajari dalam matakuliah Mikroprosesor di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro ini. Namun pembelajaran Mikroprosesor di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro mengalami beberapa permasalahan baik dari segi proses pembelajaran dan kurangnya pemanfaatan fasilitas teknologi dan informasi yang ada untuk pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis web yang menggunakan Moodle 2.5.2 dan mendeskripsikan kelayakannya. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk memanfaatkan komputer/laptop/tablet/smartphone dan layanan internet selama pembelajaran di kelas atau di luar kelas sehingga interaksi antara dosen dengan mahasiswa bisa terjadi setiap waktu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian meliputi studi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain uji coba produk uji coba pemakaian dan revisi. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator ahli dan praktisi lapangan. Validasi oleh ahli ditujukan untuk menguji keabsahan media website yang dikembangkan. Uji coba menggunakan metode angket dengan skala pengukuran Likert yang selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Hasil analisis digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran ini telah diuji pada ahli media dengan persentase kelayakan 94% ahli materi dengan persentase kelayakan 95% uji coba produk tahap I 88% uji coba produk tahap II 98% dan uji coba pemakaian dengan persentase 90%. Dengan nilai persentase tersebut media yang telah dikembangkan ini dikategorikan sangat layak dan sangat baik untuk digunakan. Meskipun dikategorikan sangat layak media ini tetap memiliki kekurangan yaitu (1) pengguna belum bisa melakukan pendaftaran secara mandiri untuk masuk ke dalam website username dan password harus dibuat oleh dosen matakuliah (2) kecepatan internet minimal yang diperlukan adalah 128kbps dan (3) topik yang ada hanya sampai pada antarmuka mikrokontroler dengan LCD belum sampai pada motor DC karena keterbatasan waktu yang dimiliki peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47653

Actions (login required)

View Item View Item