Profil perkembangan motorik halus anak usia dini (Studi beberapa PAUD di Kecamatan Karangploso Malang) / Dian Hawit Hawindati - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil perkembangan motorik halus anak usia dini (Studi beberapa PAUD di Kecamatan Karangploso Malang) / Dian Hawit Hawindati

Hawindati, Dian Hawit (2009) Profil perkembangan motorik halus anak usia dini (Studi beberapa PAUD di Kecamatan Karangploso Malang) / Dian Hawit Hawindati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak adalah calon generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber daya yang utama bagi kelangsungan pembangunan nasional. Usia dini merupakan usia dimana perkembangan fisik motorik intelektual emosional bahasa dan sosial berlangsung dengan sangat cepat. Keterampilan motorik halus merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi anak karena diperlukan anak untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan sekolah dan berperan serta dalam kegiatan bermain dengan teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia dini di Kecamatan Karangploso yang meliputi kemampuan motorik halus dalam permainan membentuk koordinasi mata dan tangan kegiatan pra menulis serta kegiatan mengurus diri sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya adalah seluruh anak usia 4-6 tahun yang mengikuti pendidikan di lembaga PAUD di Kecamatan Karangploso berjumlah 239 anak. Sedangkan sampel yang digunakan adalah anak usia 4-6 tahun dari tiga PAUD di Kecamatan Karangploso yang dipilih secara purposive random yaitu PAUD Amanah PAUD Bina Umat dan PAUD Al-Ma uunah sebanyak 60 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak usia dini secara umum di Kecamatan Karangploso sudah sangat baik. Kemampuan motorik halus dengan persentase tertinggi adalah permainan membentuk dalam kategori sangat baik kemampuan motorik halus pra menulis dalam kategori sangat baik kemampuan motorik halus koordinasi mata dan tangan dalam kategori sangat baik dan kemampuan motorik halus mengurus diri sendiri dalam kategori baik. Dalam kemampuan motorik mengurus diri sendiri anak-anak perlu mendapatkan latihan dan bimbingan dari orang tua dan pendidik. Anak-anak banyak yang masih kesulitan karena mereka pada umumnya masih bergantung pada orang tua dan orang-orang di sekelilingnya sehingga anak-anak belum bisa menjadi anak yang mandiri. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) peneliti lanjutan melengkapi kekurangan yang ada untuk mengembangkan ilmu tentang Pendidikan Anak Usia Dini khususnya tentang perkembangan motorik halus (2) orang tua dan pendidik meningkatkan perannya dalam mendidik anak usia dini (3) lembaga Pendidikan Anak Usia Dini meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan anak-anak yang kreatif aktif inovatif dan imajinatif di masa yang akan datang (4) Diknas Karangploso lebih memperhatikan Pendidikan Anak Usia Dini secara menyeluruh dan memberikan fasilitas yang memadai untuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (5) jurusan PLS menambah referensi kepustakaan mengenai Pendidikan Anak Usia Dini khususnya tentang perkembangan motorik halus Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item