Pengaruh aktivitas belajar dan penerapan model pembelajaran circuit learning dan course review horay terhadap rata-rata hasil belajar transistor pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kepanjen / Exsan Dwi Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aktivitas belajar dan penerapan model pembelajaran circuit learning dan course review horay terhadap rata-rata hasil belajar transistor pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kepanjen / Exsan Dwi Cahyono

Cahyono, Exsan Dwi (2014) Pengaruh aktivitas belajar dan penerapan model pembelajaran circuit learning dan course review horay terhadap rata-rata hasil belajar transistor pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kepanjen / Exsan Dwi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyono Exsan Dwi. 2014. Pengaruh aktivitas belajar dan penerapan model pembelajaran Circuit Learning dan Course Review Horay terhadap rata-rata hasil belajar transistor pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kepanjen. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Slamet Wibawanto M.T. (2) Drs. Hari Putranto Kata kunci Aktivitas Belajar Model Pembelajaran Hasil Belajar Pembelajaran yang berpusat pada guru serta monoton merupakan pembelajaran yang kurang efektif karena siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu aktivitas belajar siswa tidak bisa optimal didalam proses pembelajaran terlebih lagi pada materi transistor termasuk dalam kategori yang sulit untuk dipahami. Dari beberapa hal tersebut dapat membuat hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal. Maka diperlukan penggunakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran Circuit Learning yang mengutamakan pemahaman konsep dan model pembelajaran Course Review Horay yang mengutamakan pembelajaran yang menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi transistor. Berdasarkan uraian diatas peneliti melakukan eksperimen yang berkaitan dengan pengaruh tingkat aktivitas belajar siswa yang bervariasi dan penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dan Course Review Horay terhadap rata-rata hasil belajar siswa. Design penelitian yang digunakan adalah factorial design 2x2 dimana setiap kelas dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji prasyarat yang meliputi uji normalias dan uji homogenitas setelah itu dilakukan uji hipotesis yaitu ANOVA dua jalur dan dilanjutkan uji Post-Hoc Comparison. Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig.sebesar 0 000 pada interaksi aktivitas belajar dengan model pembelajaran menyatakan terdapat interaksi antara aktivitas belajar dengan model pembelajaran. Analisis selanjutkanya diperoleh nilai Sig. sebesar 0 000 pada perbedaan rata-rata hasil belajar antar kelompok maka dilanjutkan uji Post-Hoc Comparison untuk mengetahui kelompok yang paling berbeda diatara semua kelompok. Kelompok yang paling berbeda adalah kelompok belajar menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan tingkat aktivitas belajar tinggi dengan kelompok belajar menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan tingkat aktivitas belajar rendah. Perbedaan rata-rata sebesar 21.945 dengan nilai Sig. sebesar 0 000. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kelas yang memiliki tingkat aktivitas belajar tinggi sangat cocok menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada materi transistor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47645

Actions (login required)

View Item View Item